BERITABETA.COM, Ambon – Kota Ambon kini bebas dari pandemic Coronavirus Disease (Covid-19). Berdasarkan data yang diterima Dinas Kesehatan Kota Ambon menyebutkan angka kasus terkonfirmasi postif Covid-19 di wilayah kota manise itu kini nol alias nihil.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon drg Wendy Pelupessy kepada wartawan di Ambon, Selasa (23/11/2021).

Wendy mengaku, saat ini kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah kota Ambon nol alias nihil kasus.

"Berdasarkan data yang kami [Dinkes Kota Ambon] terima per 22 November 2021, kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Ambon saat ini nol,"ungkapnya.

Meski Kota Ambon kini “bebas” dari kasus terkonfirmasi positif Covid-19, Kaids Kesehatan Ambon mengimbau seluruh elemen terkait termasuk warga Kota Ambon, agar tidak mengabaikan penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi.

Dia mengkau, saat ini tidak ada lagi pasien Coviud-19, namun warga tetap ikhtiar dengan menaati protocol Kesehatan. Apalagi, lanjutnya, Kota Ambon sebagai Ibukota Provinsi mobilitas warga setiap hari cukup tinggi.

"Sehingga tak menutup kemungkinan bila ada warga yang tidak taat pada protocol kesehatan misalnya tidak memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, maka segala sesuatu mungkin dapat terjadi,” tukasnya

Karena itu Wendy mengajak warga agar tak takut ikut program vaksinasi dosis pertama dan kedua. Sebab bila tidak, maka dapat memungkinkan kenaikan angka Covid-19.

“Terkait dengan itu wajib untuk taati protocol Kesehatan dan ikut vaksinasi lengkap. Sehingga angka nol kasus Covid-19 tetap terjaga, sehingga aktifitas kembali normal seperti sedia kala,"timpalnya.

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Ambon, lanjutnya, bertugas melakukan pembatasan pergerakan orang dengan penerapan protocol kesehatan, utamanya di wilayah atau area yang rawan menimbulkan kerumunan warga.

"Aspek kesehatan yang kami jaga. Harus vaksinasi lengkap. Untuk teknis membatasi pergerakan orang itu merupakan domain dari Satgas dalam mengkoordinasikannya, dan bukan Dinkes Kota Ambon,"jelasnya.

Sementara itu, untuk meningkatkan cakupan dan target vaksinasi lengkap, Dinkes Kota Ambon terus gencar melakukan [vaksinasi] dari mall dan Puskesmas.

Presentase pelaksananaan vaksinasi di Mall cukup baik. Meskipun kecil tetapi selalu ada orang yang daatang untuk vaksin.

“Yang kita inginkan seperti itu. Meskipun 30-40 orang per hari, harus kita respons,"tukasnya. (*)

 

Editor: Redaksi