BERITABETA.COM, Ambon – Kepedualian terhadap sesama membawa Forum Maluku Berkarya (FMB) sebuah organiasi kemasyarakatan yang didirikan di Kota Ambon ikut berkiprah dengan menyalurkan sejumlah bantuan kepada warga terdampak gempa bumi di Maluku.

FMB yang embrionya berasal dari Relawan Maluku Voor Jokowi ( MVJ) ini dalam menjalankan aksi kemenusiaannya menyasar hingga 10 titik/desa yang terdampak gempa di pulau Ambon dan sekitarnya.

Ketua Forum Maluku Berkarya Juliant Palar melalui rilisnya yang diterima beritabeta.com, Kamis (14/11/2019) mengatakan, selain bertujuan mengurangi beban warga yang tertimpa musiba, FMB pada dasarnya terbentuk untuk melakukan misi advokasi dan kebijakan yang mengarah kepada sosial, ekonomi, budaya dan berbagai bidang kemasyarakatan.

“Kita juga membantu masyarakat, khususnya masyarakat Maluku agar dapat mengembangan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki termasuk di dalamnya penanggulanagan krisis dan akibat bencana alam,” tandas Julian.

Sejumlah paket bantuan yang disalurkan FMB ini meliputi bantuan sembako yang terdiri dari, beras, minyak goreng, mie instan dan gula pasir. Ada pula bantuan peralatan di pengungsian berupa tenda kepada warga.   

Dijelaskan, organisasi yang beru berdiri  13 Agustus 2019 itu, sebelum meyalurkan bantuan dan aksinya kepada masyarakat terdampak gempa bumi, sebelumnya diawali dengan melakukan survei ke lokasi   yang terdampak gempa.

Pengurus dan anggota Forum Maluku Berkarya saat menyembangi dan menyalurkan bantuan kepada warga Dusun Suli Banda, Negeri Suli, Kecamatan Salahutu, Kebupaten Maluku Tengah

“Kita juga bekerjasama dengan beberapa organisasi dan Ikatan Alumni yang berada di Jakarta, Surabaya, Jogjakarta dan Bali.  Lewat kerjasama ini, organisasi dan Ikatan Alumni ikut membantu kami dari FMB dengan melakukan pengumpulan donasi bantuan yang kami salurkan,” jelas Palar.

Julian menjelaskan, ada enam Ikatan Alumni yang menjadi mitra FMB masing-masing, Maluku Voor Indonesia, Alumni SMA Perguruan Cikini Agkatan 1992, Ikatan Alumni SMP Stela Duce Jogjakarta, Ikatan Alumni SMAK 1 Jakarta Angkatan 1996, Maluku Satu Rasa Salam-Sarane DPD Jatim dan Maluku Vor Indonesia .

Sedangkan hasil donasi yang terkumpul itu dibagikan di 10 titik lokasi pengungsian yang terdampak gempa  antara lain : Negeri Haruku Samet, Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten, Maluku Tengah, Negeri Tulehu Kecamatan Salahutu,  Kabupaten Maluku Tengah, Negeri Waai,  Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Negeri Liang Kecamatan Salahutu, Kabupaen Maluku Tengah dan Negeri Kabau Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah.

“Dengan tersalurnya sejumlah bantuan ini harapan kami, agar apa yang kami berikan dapat bermanfaat dalam meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana gempa. Kami juga menyampaikan banyak terima kasih kepada teman-teman dari organisasi dan ikatan alumni yang sudah bermitra dengan kami selama ini,” ungkap Julian (BB-DIO)