BERITABETA.COM, Masohi – Puluhan siswa/siswi SMPN 4 Maluku Tengah [Malteng] menggelar aksi bakti social dengan membagikan ratusan paket makanan berbuka puasa [takjil] kepada masyarakat.

Sebanyak 350 paket takjil dan air mineral dibagikan kepada masyarakat umum yang melintas di jalan Abdullah Soulissa, tepatnya di depan Maplaz, Masohi,  Jumat sore (22/4/22).

Kaur Kesiswaan Johar Soulissa mengatakan,  pembagian takjil ini sebagai momen terbaik untuk mempraktekan kepada siswa tentang saling berbagi, seperti yang sudah diajarkan disekolah.

Selain masyarakat umum, pembagian takjil ini juga diserahkan kepada dua panti asuhan di kota Masohi yakni Panti asuhan Al-Kutub dan Al-Hidayah.

“Mungkin sudah ada materi tentang berbagi disekolah, namun harus juga disertai dengan aktualisasinya, cara praktik langsung ke lapangan,” kata Soulissa kepada media sebelum pembagian takjil.

Sementara Kepala SMPN 4 Malteng Saparun Sitania menjelaskan,  pembagian takjil ini sebagai upaya menanamkan kebaikan antar sesama, baik itu dibulan ramadhan maupun sesudah ramadhan. Sehingga pada kesempatan ini juga bukan hanya siswa yang memiliki naluri berbagi, tapi akan lebih dari itu.

“Selain aksi mulia, kami juga sedang mengedukasi masyarakat bahwa bagaimana nikmatnya berbagai kebaikan di bulan yang penuh berkah. Dan ternyata, lewat aksi ini hadirkan senyum antara mereka yang menerima takjil dan mereka yang membagikan takjil,” ungkap dia.

Sitania mengatakan, kegiatan pembagian takjil ini merupakan satu diantara beberapa program Pesantren Kilat pada SMPN 4 Malteng yang menjadi program rutin setiap tahun pada saat bulan suci ramadhan.

“Ini juga sebagai wadah belajar khusus untuk mengembangkan dan mempraktekkan ajaran Islam pada siswa. Pesantren kilat ini,  kita isi dengan beberapa program, dengan niat ingin menghidupkan ajaran Islam pada diri siswa sedini mungkin” terangnya.

Sitania mengungkapkan, kegiatan pemberian takjil ini juga, sebagai bentuk upaya kepedulian sekolah kepada masyarakat. Serta menjadi suatu hal untuk melatih siswa-siswi dalam berbagi atau peduli terhadap orang lain.

“Hal ini juga menjadi upaya dalam mengajarkan siswa - siswi bahwa, semakin banyak memberi akan semakin banyak pahala yang mereka dapatkan,” tutupnya (*)

Pewarta : Fandi Ahmat