BERITABETA.COM, Ambon – Hasil survei Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang dirilis Jaringan Survey Nusantara (JSN) menempatkan pasangan Fachri Husni Alkatiri dan Arobi Kelian unggul 35,4 persen.

Sementara pasangan Abdul Mukti Keliobas- Idris Rumalutur berada pada posisi 32, 2 persen. Dan pasangan Rohani Vanath- Muhamad Ramly Mahu dengan hasil survri 18,5 persen.

Dengan demikian pasangan Fachri-Arobi bersaing ketat dengan Abdul Mukti Keliobas- Idris. Sementara pasangan Rohani Vanath- Ramly Mahu berada dibawah 20 persen.

Hal ini disampaikan Direktur Riset JSN, Riyanda Barmawi kepada wartawan, Kamis (3/12/2020) di Ambon.

Lebih lanjut kata dia, survei dilakukan dengan menggunakan metode stratified random sampling dan cluster random sampling dengan 600 responden. Artinya, margin of eror survei ini adalah kurang lebih 4,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Sample 600 terbagi secara proposional ke semua kecamatan di Kabupaten SBT,” jelas dia, sembari menambahkan untuk menjaga kualitas data, JSN melakukan quality control dengan cara mendatangi kembali 20 persen dari responden yang diwawancarai dengan waktu pengumpulan data tanggal 15 hingga 25 November 2020.

Masih kata Riyanda, dari tingkat elektabilitas pasangan Fachri- Arobi masih ada pada posisi teratas yakni 36,8 persen. Urutan kedua, Mukti-Idris mencapai angka 34,8 persen, dan Rohani-Ramly berada pada posisi ketiga dengan angka 20,9 persen. Dan yang belum memutuskan 7,5 persen.

Sementara untuk pemilih militan kandidat pasangan Fachri-Arobi berada pada posisi 33,8 persen, Mukti-Idris pada posisi 29,9 persen dan Rohani-Ramly 19,7 persen. Dan untuk kelompok belum memutuskan +pemilih ragu 16,6 persen.

Riyanda yakin pasangan Fachri Alkatiri- Arobi Kelian akan unggul di Pilkada SBT. Sebab sebagai petahana Mukti Keliobas, JSN milihat elektabilitasnya dibawah 40 persen. Dengan demikian sangat terbuka potensi petahana kalah (BB-YP)