BERITABETA.COM, Bula — Fachri Husni Alkatiri-Mohammad Mifta Thoha Rumarey Wattimena (Vitho) menjadi Pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) pertama yang resmi mendaftar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat pada Rabu (28/8/2024) sore.

Calon Bupati SBT, Fachri Husni Alkatiri dalam konfrensi pers yang digelar di depan Kantor KPU SBT mengungkapkan, pasangan dengan jargon Favorit ini telah menyelesaikan tahapan pertama dari proses pendftaran.

Fachri mengaku, sejumlah persyaratan yang dimintakan berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) sudah mereka masukkan, terutama dukungan dari Partai Politik (Parpol).

"Kami pasangan Favorit telah menyelesaikan tahapan pertama dari proses pendaftran, syarat-syarat sudah kami masukkan. Yang paling penting tentunya adalah dukungan dari partai politik," ungkap Fachri Husni Alkatiri.

Dia membeberkan, pasangan Fachri-Vitho ini telah didukung oleh lima Parpol, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Mantan Wakil Bupati SBT ini mengaku, persetujuan partai B1-KWK dari kelima Parpol ini telah mereka serahkan kepada KPU.

"Pasangan Favorit didukung atau diusung oleh lima partai. Ada PKS, Demokrat, PKB, PKN dan PAN. Semua persetujuan partai B1-KWK telah kami serahkan," bebernya.

Ia berharap, semua dokumen yang sudah dimasukkan itu mudah-mudahan bisa diterima sekaligus menunggu pihak KPU akan memberikan Berita Acara (BA) kepada Liaison Officer (LO) mereka soal persyaratan mana lagi yang harus dilengkapi.

Dengan ketersediaan waktu yang sudah ditetapkan KPU kata dia, mereka bisa segera melengkapi dokumen dimaksud, sehingga tahapan pendaftaran ini bisa dilewati dan fokus bekerja melakukan langkah-langkah pemenangan.

"Mudah-mudahan semuanya bisa diterima dan kami menunggu semacam berita acara atau catatan dari pihak KPU kepada LO kami tentang persyaratan mana lagi yang harus kami lengkapi. Dan dengan ketersediaan waktu yang sudah ditetapkan oleh KPU mudah-mudahan kami bisa segera melengkapi dokumen itu, sehingga proses pendaftaran bisa kami lewati. Lalu kami bisa Kemudian setelah itu fokus untuk bekerja melakukan langkah-langkah pemenangan kami," harapnya.

Mantan Anggota DPRD Maluku dua periode itu berujar, dari lima Parpol yang mengusung Paslon Favorit ini, kalau dikalkulasikan dengan perolehan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 lalu, kurang lebih ada sekitar 37.500 suara.

Menurutnya, kalau suara itu bertahan atau meleset sekitar 500 sampai 7000 suara, maka pasangan yang mengusung tagline 'SBT Gerak Cepat' ini masih punya cadangan 30.000.000 suara.

Kendati demikian, dia memastikan, Paslon Favorit akan berusaha untuk menambah jumlah suara, sehingga mereka sangat optimis akan memenangkan pertarungan pada 27 November 2024.

"Apa yang kami yakini bersama dengan lima Parpol yang mengusung kami ini kalau kami hitung-hitung jumlah suaranya di Pileg kemarin kurang lebih ada sekitar 37.500 suara. Mudah-mudahan kalau suara itu bertahan atau meleset sedikit, meleset 500 atau bahkan 7000 kita masih punya 30.000.000. Tapi kami berusaha bahkan akan menambah. Dengan angka itu lalu kita bandingkan dengan total suara sah di Pileg kemarin sekitar 90 ribuan sekian, maka kami sangat yakin pasangan Favorit akan menang dalam pertarungan Pilkada kali ini," pungkasnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi