BERITABETA.COM, Ambon – Dalam rangka mendukung tugas pokok operasi keamanan dan keselamatan laut, seluruh personil Badan Keamanan Laut (Bakamla), harus terus dilatih.

Hal ini dikatakan Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Zona Timur, Laksamana Satu Pertama Arif Sumartono, saat menyampaikan sambutan Kepala Bakamla RI, Laksamana Madya TNI AAN Kurnia, dalam acara pembukaan latihan menembak, selam, komunikasi dan hukum di laut, yang berlangsung di Lapangan Upacara Bakamla Pangkalan Lateri Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Kamis (22/04/2021).

Ia mengemukakan, dengan bekal ilmu dan skill yang diberikan, seluruh personil Bakamla dituntut meningkatkan pengetahuan dan kemampuan. Tidak hanya dalam latihan, tetapi dikembangkan terus-menerus, dan selalu siap, responsif, demi terbentuknya profesionalisme di bidang masing-masing.

Dia akan memonitor peningkatan pengetahuan dan kemampuan personil melal para Deputi, Direktur serta para Kepala Zona.

Kepala Bakamla Zona Timur Laksamana Pertama Arif Sumartono kepada wartawan menjelaskan, latihan selama dua minggu lebih ini berjalan dengan lancar, sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan.

Diakuinya, tidak ada kesulitan selama proses latihan. Kecuali, kata dia, ada beberapa alat tembak termasuk generasi baru sehingga perlu adanya penyesuaian dari petugas atau peserta latihan selama latihan berlangsung.

Dia berharap, kedepan ada tambahan personil (peserta Latihan). “Makin banyak petugas Bakamla yang terlatih dan terdidik akan menjadi penjaga laut yang handal baik di bidang tembak, selam, komunikasi maupun hukum,” timpalnya. (BB-YP)