BERITABETA.COM, Masohi – Civitas Akademika Fakultas Perikanan dan Kehutanan [FPK] Universitas Muhammadiyah Maluku (UNIMKU) melakukan kegiatan penanaman ratusan pohon mangrove, di pesisir Teluk Ambon Bagian Dalam tepatnya di Pantai Desa Waiheru, Kecamatan Baguala Kota Ambon pada  Sabtu 27/11/2021.

Kegiatan ini digelar sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan pesisir dengan melibatkan Badan Keamanan Laut [BAKAMLA] Zona Maritim Timur.

“Penanaman mangrove ini merupakan wujud kepedulian UNIMKU dan BAKAMLA untuk menjaga garis pantai Indonesia dari abrasi atau pengikisan” kata Kepala BAKAMLA Zona Maritim Timur, Laksamana Arif Sumartono.

Ia menjelaskan, fungsi dan tanggung jawab BAKAMLA adalah melaksanakan patroli keamanan dan keselamatan laut sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang.  Namun, Sumartono juga  mengajak seluruh peserta untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan terlebih khusus tentang mangrove yang ada di pesisir pantai.

Sementara itu, Rektor UNIMKU  Dr. Mohdar Yanlua, MH., dalam arahannya mengatakan kegiatan penanaman mangrove yang dilakukan hari ini merupakan bagian dari Amar Maruf Nahi Munkar untuk memastikan lingkungan tetap terjaga. 

Mohdar juga menyampaikan apresiasi kepada BAKAMLA Zona Maritim Timur  atas partisipasinya dalam mensukeseskan kegiatan penanaman mangrove ini.

Kegiatan dilakukan dengan mengusung tema “Rehablitasi Mangrove Dalam Upaya Bencana Mencegah Bencana Pesisir “ dengan melibatkan  kurang lebih 100 orang dari unsur Mahasiswa, Dosen, Pegawai BAKAMLA dan masyarakat sekitar. (**)

Pewarta : Edha Sanaky