BERITABETA.COM, Ambon – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberikan dukungan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dalam peningkatkan pelayanan publik.

Dukungan tersebut disampaikan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB, Dhia Natalisa saat melakukan kunjungan ke Pemkot Ambon dalam rangka mengevaluasi pelayanan publik di Kota Ambon, Selasa (25/8/2020).

Dhia Natalisa mengatakan, Kemenpan-RB merupakan instansi pembinaan pelayanan publik nasional yang tugasnya merumuskan kebijakan publik, melakukan koordinasi untuk implementasi kebijakan tersebut dan juga melakukan evaluasi pelayanan publik.

“Nah, bersama Pak Walikota, tadi kita telah berdiskusi soal kebijakan terkini yang perlu dikoordinasikan, salah satunya apakah Pemkota akan implementasi kan konsep Mall Pelayanan publik di Kota Ambon ini,” ujar Dhia.

Ia mengaku telah mendengar bahwa Kota Ambon tengah mempersiapkan hal tersebut, tinggal bagaimana dikoordinasikan dengan pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Maluku.

Pihaknya mengapresiasi Pemkot Ambon atas award yang diraih pada 2019 yang merupakan salah satu top inovator pada tahun kemarin yakni inovasi Ambon City Of Music.

“Kami senang, ternyata sudah ada rencana tindaklanjut strategis dari inovasi itu dan tidak berhenti sampai menjadi pemenang, tapi sudah dielaborasi dengan banyak pihak agar tetap berlanjut,” terangnya.

Kata Dhia, Walikota juga terus berupaya memberikan  dukungan untuk jajarannya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Ambon. “Ada beberapa terobosan juga yang telah dilakukan, termasuk launching beberapa kegiatan hingga ke tingkat desa/kelurahan dan negeri untuk mendukung program tersebut,” jelasnya.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy menambahkan, kedatangan Deputi pelayanan publik Kemenpan-RB itu untuk mengevaluasi pelayanan publik di Kota Ambon, terutama di era pandemik Covid-19.

Sebagaimana diketahui, Ambon termasuk salah satu daerah dengan tingkat pelayanan publik yang telah mendapat poin B dari Pemerintah Pusat.

“Deputi pelayanan publik berharap, Ambon bisa menjadi rol model untuk Maluku dengan dua sampel, yakni Dinas Penanaman Modal dan Dinas Catatan Sipil,” ujar Richard.

Kemenpan juga berharap agar Pemkot Ambon harus mempunyai Mall pelayanan publik. “Nah ini yang akan saya minta dukungan dari Gubernur Maluku untuk mewujudkannya,” tandasnya. (BB-AHM)