BERITABETA.COM, Ambon – Myradiana A Basir adalah Pembantu Rumah Tangga alias PRT Tagop Sudarsono Soulisa, mantan Bupati Kabupaten Buru Selatan dua periode. Aliran uang dari sejumlah oknum pengusaha ke TSS saat ini masih ditelusuri lebih lanjut oleh KPK.

Unik! selain menjadi [Pembantu Rumah Tangga], Myradiana pun merangkap profesi sebagai kontraktor. Peran ganda dari saksi yang satu ini tampak dicurigai oleh Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK.

Tim Penyidik KPK akan menggali keterangannya seputar perkara dugaan TPK/Tipikor penerimaan hadiah atau janji dan tindak pidana pencucian uang [TPPU] terkait proyek pekerjaan infrastruktur di Kabupaten Buru Selatan, Provinsi Maluku, tahun 2011 - 2016, yang kini menyeret tiga orang tersangka.

Begitu pula dengan aliran uang dari para oknum pengusaha kepada tersangka TSS hingga sekarang masih ditelusuri oleh Tim Penyidik KPK.

Ali Fikri, Pelaksana Tugas Juru Bicara atau Plt Jubir KPK Bidang Penindakan kepada Beritabeta.com melalui saluran WhatsApp Jumat, (11/03/2022) menjelaskan, Myradiana seharusnya diperiksa sebagai saksi oleh tim penyidik KPK bersamaan dengan 11 orang saksi termasuk Wakil Bupati Buru Selatan Gerson Eliezer Selsili, dan Sekda Kabupaten Buru Selatan, Iskandar Walla Kamis, (10/03/2022).

“Tapi, saat pemeriksaan di Mako Satuan Brimob Polda Maluku, Tantui, Kecamatan Sirimau Kota Ambon kemarin, Myrandiana tidak hadir dari panggilan Tim Penyidik KPK,” ungkapnya.

Ali mengaku, karena [Myradiana] tidak hadir alias mangkir, sehingga untuk kepentingan pengusutan atau penyidikan perkara ini, Tim Penyidik Komisi Anti Rasuah akan memanggil ulang yang bersangkutan.

“Penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi [TPK/Tipikor] penerimaan hadiah atau janji terkait proyek pekerjaan infrastruktur di Kabupaten Buru Selatan tahun 2011 sampai dengan 2016, Tim Penyidik telah menjadwalkan pemanggilan saksi untuk Tersangka TSS dan kawan-kawan,” ujar Ali Fikri.

Ia menjelaskan, [Myradiana] akan dipanggil ulang karena tim penyidik berkepentingan menggali keterangan dari bersangkutan selaku saksi untuk tersangka TSS.

Sekaligus, Tim Penyidik KPK mau menggali pengetahuan dari Myradiana terkait proyek infrastruktur di Kabupaten Buru Selatan tahun anggaran 2011 hingga 2016 yang saat ini menyeret majikannya [TSS].

Ali menyebut pada Kamis (10/03/2022), di Mako Satuan Broimob Polda Maluku, tim penyidik KPK telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap 12 orang saksi.

Yaitu; Wakil Bupati Buru Selatan Gerson Eliezer Selsili. Sekretaris Daerah Kabupaten Buru Selatan, Iskandar Walla.