BERITABETA.COM, Bula — Sebanyak lima khafilah Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) asal Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) siap tampil berkompetisi di MTQ Korpri tingkat Provinsi Maluku pada 26 Oktober 2021.

Kelima peserta yang mewakili Korpri Kabupaten penghasil minyak bumi itu masing-masing Abdul Wahid Rumbouw, Wahyuni Keliulu, Muhammad Arif Walima, Murniaty Rumain dan Alfian Pellu.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Pandopo Bupati SBT Kota Bula, Sabtu (23/10/2021) itu dilepaskan oleh Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur.

Ketua Korpri SBT Jafar Kwairumaratu mengungkapkan, kelima peserta yang mewakili Korpri SBT saat ini tidak lagi dilakukan seleksi terbuka, namun dipilih dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah pernah mewakili Kopri pada ajang MTQ sebelumnya.

Jafar mengaku, penyebab tidak dilakukan seleksi itu kerena keterlambatan surat yang dikirim Pemerintah Provinsi Maluku ke daerah, sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bergerak cepat untuk merekrut lima peserta tersebut.

"Kami mendapat lima peserta yang terdiri dari cabang Tartil Al-Qur'an Putra, Tartil Al-Qur'an Putri, Tilawatil Qur'an Putra, Tilawatil Qur'an Putri dan Hifzil Hafalan 30 Juz Putra," ungkap Jafar Kwairumaratu.

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) SBT itu berharap, lima ASN yang menjadi duta mewakili kabupaten penghasil minyak bumi itu tampil secara maksimal dan meraih juara pada MTQ Korpri tingkat Provinsi Maluku di Kota Ambon.

"Semoga khafilah MTQ Korpri yang mewakili Kabupaten SBT bisa meraih juara pada MTQ kelima Korpri Provinsi Maluku," harapnya.

Sementara itu Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur dalam arahannya saat pelepasan khafilah MTQ Korpri SBT mengapresiasi kerja cepat Ketua Korpri SBT Jafar Kwairumaratu.

Kendati dalam waktu yang singkat untuk menyiapkan peserta, dia berpesan agar kondisi tersebut tidak menyurutkan semangat khafilah MTQ Korpri SBT dalam meraih juara di tingkat Provinsi Maluku.

"Saya yakin dan percaya, Kabupaten SBT sudah dikenal di Provinsi Maluku adalah kabupaten yang hampir selalu mendapat juara dalam kegiatan yang bersifat keagamaan," ujar Idris Rumalutur (*)

Pewarta : Azis Zubaedi