BERITABETA.COM, Saumlaki -  Tokoh pemuda asal Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT),  Lorenz Weridity mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama kaum pemuda di bumi duan lolat itu untuk mendukung program yang akan dijalankan pihak Inpex Corporation di Proyek LNG Abadi Masela.

Inpex Corporation adalah perusahaan raksasa Migas asal Jepang yang  sangat berpengalaman dalam bidangnya. Sehingga dukungan warga Tanimbar, termasuk kalangan muda atas proses yang dijalankan merupakan suatu hal yang mutlak dilakukan,” ungkap Lorenz kepada beritabeta.com di Saumlaki, Kamis (5/9/2021).

Ia menjelaskan,  pengalaman Inpex dalam dalam eksplorasi, development and production sudah terjadi di berbagai negara. Ada 78 negara di dunia termasuk Australia dan Indonesia, tempat perusahaan kontraktor ini berinvestasi.

Selain itu, dari sisi usianya, Inpex sudah cukup lama beroperasi sejak tahun 1966.

“Rekam jejak inpex corporation di Indonesia begitu fantastis sebagai perintis offshore pengeboran lepas pantai di seantero negeri ini,” urainya.

Untuk itu, kata dia, dengan melihat jejak perusahaan asal Jepeng ini, maka keterlibatan Inpex dalam pengembangan Blok Masela merupakan keterlibatan yang harus disuport oleh masyarakat di kabupaten ini.

Ia menguraikan, perjalanan panjang Blok Abadi Masela ini pertama kali ditemukan pada tahun 2000 ( 21 tahun yang lalu).  Jika menilik perjalanan itu, maka  disitulah sepakterjang Inpex dalam program program sosial-nya dengan menunjukan keseriusan dan komitmennya.

“Kita bisa lihat selama ini ada  program- program pemberdayaan masyarakat kepada masyarakat Tanimbar yang terkena dampak langsung dari kegiatan operasinya. Program -program sosial tersebut terus berjalan hingga saat ini,” ungkapnya.

Meskipun kata Lorenz, saat ini Inpex belum beroperasi, namun perushaan Migas ini sudah menjalankan kepeduliannya dengan masyarakat di lingkungan sekitar.  

“Di daerah -daerah yang terkena dampak langsung. Semuanya itu dibuktikan dengan program -program sosial atau integrated social program, community development, dan program -program pendukung operasi dan juga program CSR kepada masyarakat tanimbar,” cetusnya.

Ia menambahkan, program-program itu telah menyasar masalah pendidikan, kesehatan, kemiskinan, pemberdayaan UMKM. Semua itu dilakukan  agar masyarakat Tanimbar terlibat dalam mata rantai pasokan dan juga ada keterlibatan masyarakat dalam lingkungan sekitar wilayah operasi.

Misalnya, dengan melakukan penguatan, keterlibatan, pemberdayaan, kemandirian, dan tentu ini sangat bermanfaat besar bagi kesejahteraan masyarakat Tanimbar.

“Untuk itu kami para pemuda dan masyarakat adat asli Tanimbar sangat mendukung penuh Inpex Corporation dalam pengembangan Blok Masela di tanah Tanimbar, karena dampak yang diraskan sangat signifikan bagi kesejahteraan masyarakat Tanimbar,” tutupnya (*)

Pewarta : Sumitro K