BERITABETA.COM, Saumlaki –  Sepuluh kelompok nelayan yang berasal dari lima kecamatan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku menerima paket bantuan kapal 2 GT fiberglass dari Pemkab Kepulauan Tanimbar.

Bantuan yang diserahkan oleh Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon itu juga dilengkapi dengan kapasitas mesin tempel 20 PK serta alat tangkap gill net atau jaring ikan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2020.

Bantuan tersebut diprakarsai Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan diserahkan langsung oleh Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon kepada para kelompok nelayan yang bertempat di Pelabuhan Feri Kota Saumlaki, Senin (14/12/2020).

Ke-10 kelompok nelayan penerima bantuan tersebut itu masing-masing Kelompok Torimtubun yang berasal dari Desa Adaut, Kecamatan Selaru,  kelompok Satu Rasa, kelompok Astubun, dan kelompok Ratila asal Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan. Masing-masing kelompok mendapat 3 buah kapal.

Kemudian kelompok Bagan Nuh Yanat dan kelompok Cahaya Bahari, asal Desa Rumahsalut serta kelompok Yayaru asal Desa Weratan, Kecamatan Wermaktian) yang mendapatkan 3 buah kapal.

Selanjutnya, kelompok Sbwalar dari Desa Meyano Bab, Kecamatan Kormomolin yang mendapatkan 1 buah kapal, dan kelompok Layat asal Desa Watmuri dan kelompok Autwemin asal Desa Arma,Kecamatan Nirunmas yang mendapatkan 2 buah kapal.

Dalam arahnya Bupati Fatlolon mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Kepala Dinas Perikanan, J.F. Batlayeri bersama seluruh jajarannya yang telah memprogramkan bantuan kepada para nelayan di Tanimbar, juga kepada kontraktor yang telah melaksanakan tanggungjawab pengadaan unit long boat dan peralatan nelayan tangkap lainnya sesuai dengan perjanjian kontrak kerja yang disepakati bersama.

“Saya menilai hal ini tepat waktu dan tepat sasaran kerena masih dalam tahun anggaran berkenan, anggaran transportasi di bidang perikanan ini telah rampung,” ucap Bupati.

Dirinya berharap kepada para nelayan penerima bantuan, agar dapat mempergunakan maupun memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik untuk meningkatkan produksi tangkap ikan sehingga dapat memberikan manfaat bagi para keluarga, serta meningkatkan penghasilan para nelayan di seluruh pelosok Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Usai melakukan penyerahan bantuan dimaksud, Bupati Fatlolon juga menyempatkan mengunjungi BUMD Kalwedo Kidabela serta menyambangi warga yang berjualan dengan memborong semua dagangan warga.

Tak hanya itu, dirinya menanyakan langsung para warga yang kesehariannya kerap menggunakan jasa transportasi serta membayar ongkos penyeberangan warga (BB-LS)