BERITABETA.COM, Ambon — Masyarakat Kota Ambon dihimbau agar dapat memanfaatkan Media Sosial (Medsos) secara baik dan beretika.

Himbauan itu disampaikan Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse dalam kegiatan Komunikasi Sosial Politik yang digelar di Biz Hotel, Kota Ambon, Selasa (6/8/2024).

Agus menandaskan, melalui kegiatan ini, dia mengajak kepada pemerintah bersama komponen masyarakat lainnya untuk saling membantu menjaga persatuan dan kesatuan di Provinsi Maluku, khususnya di Kota Ambon.

"Saya mengajak dan menghimbau kita semua yang ada disini untuk menggunakan media sosial secara baik dan beretika, dan saya juga berharap kegiatan ini pemerintah bersama komponen masyarakat lainnya saling membantu menjaga persatuan dan kesatuan di Provinsi ini terkhususnya Kota Ambon," ajak Agus Ririmasse.

Dia menerangkan, tidak dapat dipungkiri perhelatan pesta demokrasi lima tahunan yang dilaksanakan dalam kebebasan berekspresi dan masyarakat yang semakin terbuka dalam menyampaikan pendapat serta kebebasan berserikat dan berkumpul.

Tentu kata dia, dapat menimbulkan gesekan-gesekan yang jika tidak dikelola dengan baik akan dapat menjadi potensi konflik yang lebih besar.

"Tak dapat dipungkiri perhelatan pesta memokrasi 5 (lima) tahunan yang dilaksanakan dalam kebebasan bereksperesi dan masyarakat yang semakin terbuka dalam menyampaikan pendapat, juga kebebasan berserikat dan berkumpul, tentunya dapat menimbulkan gesekan-gesekan yang jika tidak dikelola dengan baik akan dapat menjadi potensi konflik yang lebih besar," terangnya.

Ia mengungkapkan, potensi konflik ini juga dapat tereskalasi menjadi besar akibat dampak dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dan media sosial yang semakin pesat.

Mengingat situasi dan kondisi politik di kota ini sementara panas, oleh sebab itu dirinya meminta kepada seluruh peserta kegiatan agar memiliki pikiran positif guna menyukseskan penyelenggaraan perhelatan per lima tahunan ini.

"Guna menghasilkan pemimpin yang inovatif yang tentunya mendedikasi hidupnya bagi warga," pungkasnya. (*)

Editor : Redaksi