BERITABETA, Masohi – Lagi-lagi ruang publik media sosial (medsos) kembali ramai dengan tindakan lucu, saling serang antara Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Maluku Tengah, Abdul Gani Ngangun  versus Ketua DPRD Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Ibrahim Ruhunussa.

Entah apa yang menjadi penyebab, tapi Ketua PAN Malteng Abdul Gani Ngangun begitu getol menyerang Ibrahim dengan sejumlah postingan, sehingga laman facebooknya ramai dan menjadi konsumsi para netizen.

“Apa artinya kita berkoalisi mendukung Prabowo – Sandi, kalau kader partai Gerindra sendiri melechan harga diri mitra partai koalisinya, “ tulis Ngangun dalam postingnya, Kamis (6/12/2018) yang ditujukan kepada Ruhunussa, kader Partai Gerindra itu.

Postingan Ketua PAN Malteng ini makin menukik sampai ke berbagai ihkwal terkait sejumlah fasilitas dinas yang kini dinikmati Ibrahim Ruhunussa sebagai Ketua DPRD Malteng.

Salah satu postingan Ngangun yang menuai banyak komentar netizen yakni terkait kendaraan dinas Ketua DPRD Malteng. Postingan itu berbunyi : “Kata Ketua DPRD Malteng mobil dinas (fortuner DE 3 BM) suda 4 tahun, jadi dibikin mobil operasional saja dan mobil dinas diganti dengan sedan. Luar biasa Ketua DPRD kita ini,” sentil Ngangun yang kemudian ditanggapi sejumlah netizen.

Tak mau disudutkan, Ibrahim pun masuk mengomentari postingan berbau sindiran itu. “Ketua DPRD Malteng mobil dinas di bahas? Hehehe…lirik ke lain lagi, biar membandingkan Ambon Jakarta dan kabupaten biar tidak kaget,”balas Ketua DPRD Malteng ini penuh santai dalam komentarnya.

Balasan Ruhunussa, sontak membuat Ngangun balik menyerang lagi dengan menulis komentar “Mobil dinas dan operasional Ketua DPRD Provinsi Maluku kurang lebih 3 buah. Kalau Ketua DPRD Malteng, ya ada Fortuner, Sedan, Kijang Inova dan mobil Suzuki R3, Hehehe,” tulis Ngangun.

Entah dimulai dari mana, namun saling serang di medsos (facebook) ini sontak membuat sejumlah netizen kemudian mengomentari polimik ini dengan marasa gerah atas tindakan kedua politisi ini.

Salah satu netizen Andi Rivai Setiawan, akhirnya penasaran. Dan mengomentasi postingan tersebut. “Abang ketua sayang Abdul Gani Ngangun kancang paskaliii eee. Ini akar permasalahannya apa? Sampai beta pung abang ketua AG menyerang beta pung abang Ketua DPRD dari kemarin sampai hari ini? Coba abang ketua AG perjelas akar permasalahan. Karena tidak asap, kalau tidak ada api,” tulis dia.

Pertanyaan Andi kemudian dijelaskan Ruhunussa. Dia menguraikan, bahwa  masalah yang melibatkan keduanya hanyalah  sepeleh saja. “Soal Rp 6 juta uang partai yang di potong di bendahara DPRD yang diambil tiap bulan. Ada surat dari Jakarta. Status quo, lalu diselesaikan dulu. Tapi mereka marah besar dan fitnah saya ke sana kemari biasalah, mereka itu wujudnya memang sedari dulu,”tulis Ruhunussa yang kerab berpolimik dengan sejumlah pihak lewat medsos.

Atas penjelasan itu, Ngangun memberberkan tindakan itu tidak dihendaki, karena terkait dengan harga diri partai dan menuding Ruhunussa tidak punya kewenangan dan gagal paham.

“Sudah diputuskan itu. Uangnya dikembalikan ke Anggota DPRD Fraksi PAN, nanti mereka sendiri yang menyetor saja langsung ke bendahara partai. Jadi saya sudah melarang bendahara mulai bulan depan tidak boleh potong gaji anggota DPRD asal partai PAN. Biar DPRD tak dibawa dalam masalah kaya begini. Kalo ada partai lain yg bermasalah lagi akan kita ambil langkah yg sama seperti ini bapak Ketua PAN Malteng,” tulis Ruhunussa.

Polimik kedua politisi Malteng ini sepertinya terus menggelinding di ruang publik. Ibrahim Ruhunussa yang kerap bersebrangan dengan sejumlah pihak dan diungkapkan ke medsos, sepertinya akan terus ditantang Abdul Gani Ngangun. Sebab, di postingan terakhir Ngangun, dia tidak lagi masuk ke lokus masalah yang menimbulkan polimik tersebut.

Ngangun bahkan lebih jauh membeberkan harta kekayaan Ketua DPRD Malteng itu, berupa sebuah rumah dan sejumlah fasilitas berupa 2 unit mobil, satu unit kapal ikan (jarring bobo) dan 1 unit speed boat milik Ibrahim Ruhunussa.

Ngangun memberberkan semua itu dengan menguplod foto-foto harta sejumlah benda milik Ketua DPRD itu, sambil menulis “Kalau yang ini belum ada judul, he…he,,” tulisnya dengan sedikit menyendir. (BB-DIO)