BERITABETA.COM, Ambon – Tujuh Komando Daerah Daerah Militer (Kodam) berganti pimpinan. Mutasi di tubuh TNI AD ini dilakukan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Salah satu diantara ketujuh Pandam ini adalah Pangdam XVI Pattimura. Pangdam XVI/Pattimura diganti, dari Mayjen Ruruh A Setyawibawa ke Mayjen Syafrial. Ruruh ditunjuk untuk mengisi Pa Sahli Tk.III KSAD Bidang Intekmil dan Siber, sedangkan Syafrial sebelumnya adalah Kaskostrad.

Mutasi ini dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI ke depan yang semakin kompleks dan dinamis.

Mutasi dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/779/VII/2023 tanggal 17 Juli 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia, telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 96 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 53 Pati TNI AD, 28 Pati TNI AL dan 15 Pati TNI AU.

 

Plt Kabidpenum Puspen TNI Letkol Laut (KH) Bazisokhi Gea dalam keterangan persnya mengatakan, penggantian sejumlah pejabat TNI itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier.

”Mutasi ini juga dilakukan untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI ke depan yang semakin kompleks dan dinamis,” kata Gea dalam releasenya, Kamis (20/7/23).

Gea menambahkan salah satu kebutuhan organisasi yang dimaksud adalah mengisi jabatan yang ditinggalkan pejabat sebelumnya. Termasuk mengisi kekosongan jabatan setelah beberapa pati memasuki masa purnatugas.

Untuk diketahui, mutasi dan promosi jabatan 96 Perwira Tinggi (Pati) TNI. Dimana terdiri dari 53 Pati TNI AD, 26 Pati TNI AL dan 17 Pati TNI AU (*)

Pewarta: Febby Sahupala