BERITABETA.Com, Jakarta – Menteri Agama RI, Fachrul Razi melantik Zainal Abidin Rahawarin sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon. Pelantikan ini disaksikan Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi dan Dirjen Pendidikan Islam M. Ali Ramdhani.

Menteri Agama menegaskan, jabatan rektor atau ketua bukan saja sebagai tugas tambahan semata, namun lebih dari itu, yakni soal tugas dan tanggungjawab yang diemban.

“Saudara-saudara harus ingat, tugas dan tanggungjawab memimpin Perguruan Tinggi samasekali bukanlah tugas sambilan,” tegas Meteri di Jakarta, Jumat (06/11/2020).

Dia mengajak, semua pihak fokus mencurahkan kemampuan untuk memajukan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri yang dipimpin.

Menurutnya, tidak banyak kementerian atau lembaga yang diberi kepercayaan oleh negara dan masyarakat untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi dan mengelola Perguruan Tinggi Negeri, seperti halnya Kementerian Agama dan beberapanya.

“Kepercayaan dan mandat yang sedemikian besar itu harus kita pelihara. Tentu dengan membuktikan bahwa kualitas Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri di bawah Kementerian Agama, mampu sejajar dengan kualitas Perguruan Tinggi Umum Negeri,” ujarnya.

Pemimpin Perguruan Tinggi, kata Menteri, bukan sekadar memimpin satuan kerja kependidikan atau mengelola birokrasi mahasiswa dan dosen.

“Tetapi lebih dari itu, menjalankan tugas memimpin lingkungan masyarakat ilmiah dan membina generasi terpelajar bangsa di tengah perubahan dunia dan tantangan yang begitu rupa,” ujarnya mengajak.

“Prinsipnya, harus menjaga integritas ilmiah dan integritas moral di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, serta kembangkan konsep moderasi beragama dengan pijakan keilmuan yang lebih memadai,” pungkasnya.

Selain Zainal Rahawarin, Menteri juga melantik Syahrin Harahap, sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara. (BB-TAN)