BERITABETA.COM, Ambon – Penyebaran Covid-19 di Kota Ambon dinilai cukup massif terjadi, sehingga upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 merupakan tanggung jawab semua pihak.

Menyikapi kondisi ini, Majelis Pekerja Klasis (MPK) Gereja Protestan Maluku (GPM) Pulau Ambon Timur ikut tergerak untuk membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dengan memberikan edukasi pencegahan Covid-19 kepada warga Kota Ambon, khususnya jemaat Gereja Protestan Maluku (GMP).

Ketua Klasis Pulau Ambon Timur, Pdt. Cak Sapulette kepada media ini di Kantor Klasis Pulau Ambon Timur, Sabtu (17/10/2020) mengatakan, pihak gereja siap membantu pemerintah untuk memberikan edukasi kepada Jemaat maupun masyarakat secara luas.

“Ini merupakan tanggungjawab bersama, agar pandemi ini dapat di atasi dan Kota Ambon dapat kembali ke zona hijau,” tandas Sapulette.

Menurut Cak, edukasi ini merupakan hal mutlak untuk dilakukan oleh Gereja, karena selama ini Pemerintah Daerah sangat giat memberikan sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat namun belum semua orang mematuhi dan mau mengikuti anjuran pemerintah.

Mantan Ketua, MPK Klasis Pulau Lease ini memastikan pihaknya akan terus melakukan edukasi bagi jemaat, karena hal ini juga merupakan panggilan Gereja untuk memutus mata rantai pandemi Covid-19 di daerah.

Sementara itu, Ketua Media Center Klasis Pulau Ambon Timur, Joy Adriaansz dalam kesempatan itu juga mengatakan, pemberian edukasi akan dilakukan bagi 30 jemaat yang ada di Klasis Pulau Ambon Timur.

Edukasi ini, kata dia, terutama terkait dengan penerapan 4M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, akan dilakukan melalui audio maupun visual yang rencananya akan ditayangkan sebelum memulai Ibadah Minggu dan setiap Ibadah -Ibadah organisasi Gereja lainnya.

“Edukasi yang kami berikan ini sebelum Ibadah Minggu dan Ibadah lainnya ,” ujarnya.

Joy Adriaansz yang juga menjabat Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon ini menambahkan, untuk menyusun materi Edukasi ini Tim Media Center akan bekerjasama dengan Tim Kesehatan Klasis Pulau Ambon Timur.

“Untuk materi dalam edukasi tersebut akan ditutup dengan pesan Gembala yang akan diberikan langsung oleh Ketua Klasis Pulau Ambon Timur dan didampingi seluruh Pimpinan Jemaat yang ada di Wilayah tersebut,” tutupnya (BB-YP)