BERITABETA.COM, Ambon  - Penjabat (PJ) Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena melakukan kunjungan ke Pasar Tradisonal Mardika untuk memantau dari dekat harga kebutuhan pokok di lokasi pasar tersebut.

Dalam kunjungan itu, Wattimena menyebut kegiatan ini dilakukan secara intensif untuk mengetahui harga kebutuhan pokok, menyusul saat ini Kota Ambon telah mengalami deflasi sebesar 0,21 persen.

"Jadi kegiatan ini dilakukan secara rutin. Dan saat ini di Pasar Mardika semua harga terkendali, memang ada sedikit kenaikan tetapi masih dalam batas wajar dan itu tidak mengkhawatirkan," kata Bodewin Wattimena dalam kunjungan pada, Jumat (24/2/2023).

Dijelaskan, BPS Provinsi Maluku telah mencatat Kota Ambon mengalami deflasi 0,21 persen di bulan Februari 2023 secara month to month (m to m/bulanan) dan 5,81 persen secara year on year (yoy/tahunan) atau turun dari 6,39.

“Kita akan terus bersama instansi vertikal rutin melaksanakan rapat koordinasi dan evaluasi terkait dengan langkah penanganan inflasi. Apa yang dicapai saat ini merupakan hasil kerja keras bersama antara Pemkot, Forkopimda dan instansi vertikal," tandasnya.

Dikatakan, terdapat sembilan langkah dari pemerintah pusat untuk mengendalikan inflasi telah dilakukan di antaranya operasi pasar, memberikan subsidi transportasi kepada distributor dan juga kepada para petani yang memiliki kontribusi besar terhadap ketersediaan komoditas atau barang kebutuhan pokok.

Melakukan kerja sama dengan kabupaten atau kota lain dalam upaya untuk membantu ketersediaan stok bahan pokok, membagi sebanyak 400 anakan tanaman cabai kepada masyarakat di desa kelurahan dan negeri di Ambon.

Bodewin berharap pencapaian yang dilakukan Pemkot saat ini dapat dipertahankan, bahkan ditingkatkan guna mencegah dampak kemungkinan resesi ekonomi global (*)

Editor : Redaksi