Ilustrasi Pemilu 2019
Ilustrasi Pemilu 2019

BERITABETA.COM, Ambon – Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) ditetapkan sebagai daerah dengan tingkat kerawanan tertinggi di Provinsi Maluku dalam proses pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang.

Hal ini terungkap dalam rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan penyelenggara pemilu provinsi, kabupaten, kota se -Provinsi Maluku tahun 2019. Daerah ini memiliki tingkat kerawanan di atas rata-rata nasional.

“Kabupaten MTB masih tertinggi dibandingkan dengan daerah lain di Maluku, ” ungkap Wakil Gubernur Zeth Sahuburua,  di lantai tujuh kantor Gubernur Maluku, Selasa (11/12/2019).

Kendati demikian,  menurut dia kesiapan menjelang pesta demokrasi pemilihan legislatif dan presiden ini sudah dilakukan secara matang.

“Untuk itu tidak perlu  dikawatirkan atau menjadi momok bagi kita di daerah.  Karena Maluku sudah membuktikan  pada Pilgub kemarin,  dimana pemerintah pusat menetapkan Maluku urutan kedua setelah Papua,”ucapnya.

Sahuburua menyebutkan,  tingkat kerawanan secara nasional,  Maluku  turun menempati peringkat  tujuh dengan skor 51,02 setelah  Sulawesi Selatan.

Dia juga menilai, setiap daerah memiliki karakteristik kerawanannya sendiri. “Secara umum kan kita memiliki kerawanan untuk dimensi penyelenggaraan pemilu yang bebas dan adil serta terkait dimensi kontestasi,”pungkasnya. (BB-DIA)