BERITABETA.COM, Namlea – Kehadiran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) terus mendapat simpati di hati masyarakat Kabupaten Buru. Selain antusias membantu TMMD dalam program fisik, warga juga menyuguhi bubur kacang hijau kepada aparat keamanan tersebut.

Sikap warga ini membuat para personil TMMD merasa haru dan senang. Bahkan ungkapan rasa senang itu disampaikan langsung oleh Dandim 1506 Namlea, Letkol Arh Agus Guwandi.

Dia mengaku senang karena personil TMMD ke-109 disambut hangat oleh masyarakat di Kabupaten Buru.

“Asupan bubur kacang hijau ini juga sangat baik guna penambah stamina (imun) tubuh dalam mengantisipasi pandemi COVID 19. Tentu kami senang sekali dengan sambutan ini,” kata Guwandi kepada wartawan, Sabtu (26/9/2020).

Menurut dia, asupan makanan bernutrisi dan mengandung vitamin, banyak terdapat pada kacang hijau. “Bubur kacang hijau juga sangat baik untuk menambah stamina anggota TMMD. Luar biasa, setiap pagi hari personil disuguhi bubur kacang hijau oleh ibu-ibu di lokasi TMMD,” ungkap Guwandi, senang.

Jadi di Desa Siahoni, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru pagi tadi, kata Dandim, saat personil TMMD dan warga lagi mengaso, datang kawanan ibu-ibu rumah tangga dan langsung membagi-bagi menu bubur kacang hijau.

Ani, salah satu ibu rumah tangga mengaku, bubur kacang hijau itu dimasak oleh beberapa warga di pagi hari. Makanya, sambung dia, saat disantap di waktu rehat, pasti enak,

“Buburnya enak sekali dan layak jadi menu penambah gizi. Selain itu untuk menambah stamina bapak-bapak yang telah bekerja berat,” ucap Ani singkat.

Untuk diketahui, pelaksanaan TMMD ke-109 di Kabupaten Buru telah memasuki hari ke-5, setelah dibuka Bupati Ramly Ibrahim Umasugi, 22 September 2020, pekan kemarin. Kegiatan terpusat di Desa Batuboy, Siahoni dan Sanleko.

Memang TMMD merupakan salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang melakukan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya. (BB-DUL)