BERITABETA.COM, Ambon — Penjabat Walikota Ambon Bodewin M. Wattimena mengungkapkan, wacana tentang anak tidak terlepas dari Konvensi Hak Anak [KHA].

Pasalnya, KHA menjadi dasar pemenuhan hak anak, dimana setiap Sumber Daya Manusia [SDM] dituntut untuk memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas tentang persoalan anak.

“Wacana tentang anak tidak terlepas dari konvensi hak anak, karena konvensi inilah yang menjadi dasar bagi dunia internasional termasuk Indonesia terkhusus Kota Ambon dalam memandang permasalahan yang dihadapi oleh anak,” ungkap Bodewin M. Wattimena saat membuka pelatihan KHA bagi SDM penyedia layanan anak yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Masyarakat Desa [DP3AMD] Kota Ambon di The City Hotel, Rabu (02/11/2022).

Wattimena berujar, kegiatan pelatihan tersebut bertjuan memperkuat dan meningkatkan komitmen bersama serta mendorong SDM penyedia layanan untuk nantinya berperan secara langsung dalam kebijakan dan langkah-langkah strategis pengembangan KLA di Kota Ambon.

“Kota Ambon selama beberapa waktu terakhir telah menjadi KLA tingkat pratama sehingga ada beberapa indikator yang mesti kita penuhi supaya minimal naik ke tingkat Madya,” ujarnya.

Menurutnya, dalam mewujudkan KLA harus dipenuhi lima Kluster yaitu hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dan kesejahteraan, keluarga, pendidikan pemanfaatan waktu luang dan aktifitas budaya serta kluster perlindungan khusus.

“Terlebih lagi mengenai tingginya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Ambon, maka upaya untuk pemenuhan hak anak, pencegahan maupun penanganan kasus kekerasan menjadi hal penting yang dapat dilakukan secara bersama,” ucapnya.

Ia berharap melalui kegiatan pelatihan ini akan terbangun sinergi dan kolaborasi dengan semua pihak, sehingga target-target yang diharapkan bisa cepat terealisasi.

“Atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon kami menyambut baik kegiatan pelatihan konvensi hak anak yang dilaksanakan hari ini,  saya mengucapkan terima kasih bagian narasumber yang akan berbagi pengetahuan dalam pelatihan ini, juga atas perhatian dan kepedulian kita bagi generasi penerus bangsa,” pungkasnya. (*)

Pewarta : Febby Sahupala