BERITABETA, Ambon – Pasca bencana gema dan tsunami melanda Palu, Sigi dan Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), bantuan kemanusiaan terus mengalir. Tak ketinggalan, Kepolisian Daerah (Polda) Maluku, juga mengirim bantuan uang sebesar Rp. 1.319.217.000 bagi korban bencana gema dan tsunami di Sulteng.

“Kemarin Polda Maluku telah mengumpulkan sumbangan baik itu dari internal Polda Maluku, maupun dari polres-polres. Jumlah semua tyang erkumpul senilai Rp1.319.217.000. Jumlah ini akan dikirim ke Polda Sulteng untuk selanjutnya akan dilasalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Kabid Humas Polda Maluku Kombes Polisi Muhammad Roem Ohoirat, kepada wartawan di ruang kerjanya,  Senin, (8/10/18).

Menurutnya,  dana yang nantinya dikirim Polda Maluku ke Palu merupakan hasil sumbangan sukarela dari para anggota Polda dan 9 Polres di jajaran Polda Maluku.

“Dana ini nanti digunakan untuk membeli keperluan warga yang terkena musibah  tsunami di Palu, Sigi dan Donggola. Kami  usahakan dalam waktu  dekat sudah dikirim ke Sulteng. Selain sumbangan, Polda Maluku juga mengelar sholat gaib dan doa bersama bagi korban bencana alam di Sulteng,” tandasnya.

Disinggung mengenai bantuan personel Polda Maluku ke Sulteng, pria berkumis ini menjelaskan,  pihaknya telah menyiapkan 1 pelaton namun tunggu  perintah dari Kapolri.

“Yang jelas kita sudah siap, tergantung kebutuhan dan perintah dari Masbes Polri,” jelasnya. (BB/DIO)