BERITABETA.COM, Tual – Anggota DPR RI Saadiah Uluputty ST, berdialog dan menyerap aspirasi pelaku  UMKM Bidang Perikanan di Kota Tual. Serap aspirasi anggota Komisi VII ini dilakukan dalam rangka reses, Sabtu (24/10/2020).

Saadiah menyebut, UMKM Bidang Perikanan yang digumuli para pelaku usaha, menjadi penopang srategis bagi perputaran ekonomi kota Tual. Apalagi sub sektor perikanan menjadi salah satu titik berat program pemerintah kota.

“Wilayah Kota Tual didominasi oleh laut.  Kota ini lebih tepat disebut kota laut. Maka potensi sector perikanan menjadi primadona untuk dikembangkan,” kata  Saadiah dalam keterangannya persnya yang diterima beritabeta.com, Senin (26/10/2020)

Titik fokus pengembangan ini tegas Saadiah, sejalan dengan desaian  pengembangan dan penguatan sentra industri perikanan terpadu untuk menopang program Lumbung Ikan Nasional.

“Rencana implementasi Lumbung Ikan Nasional di Maluku telah diusukan kepada pemerintah pusat. Maka kota Tual sangat layak untuk menjadi wilayah yang menopang suksesnya LIN tersebut. Sentra industry perikanan terpadu menjadi salah satu idenya,” lanjut Saadiah.

Saadiah mengatakan, para pelaku usaha dan UMKM bidang perikanan di kota Tual memiliki peran menentukan.

“Ada irisannya. Pelaku usaha dan UMKM Perikanan akan bersinergi untuk suksesnya program LIN,” imbuhnya.

Menurutnya, peran UMKM Perikanan akan menguat sejalan dengan perhatian dan fasilitasi pemerintah. Karena baginya, perhatian dan fasilitasi ini akan berdampak positif terhadap peningkatan dan intensifikasi usaha pelaku UMKM tersebut.

“Wujudnya, antara lain pemerintah membangun teknologi tepat guna untuk pengolahan dan pengembangan usaha,” papar politisi PKS dari Maluku ini.

Saadiah mensinyalir, pengembangan usaha UMKM Perikanan menjadi salah satu jawaban terhadap persoalan pengangguran dan rendahnya serapan tenaga kerja di Tal dam Maluku Tenggara.

“Tual memiliki potensi ikan yang kaya namun masih miskin sarana penunjang untuk memaksimalkan pengelolaan dan pengembangan,” kata Saadiah.

Primadona di Tual, tegas Saadiah memiliki kualitas rumput laut terbaik dibanding daerah lain di Indonesia,  aneka ikan dan biota laut yang mempesona.

”Maka peran pemerintah hadir dengan maksimal untuk menjawab kebutuhan para pelaku UMKM Perikanan dengan sarana penangkapan, dermaga tambatan,  teknologi tepat guna, serta BBM yang murah dan mudah diakses,” papar Saadiah. (BB-DIO)