BERITABETA.COM, Ambon - Anggota DPR RI Fraksi PKS Saadiah Uluputty mengajak seluruh masyarakat Maluku untuk menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di provinsi seribu pulau tersebut.

"Mari kita jaga Kamtibmas yang sudah terbentuk. Kita tingkatkan hidup orang basudara yang rukun dan damai," imbau politisi PKS ini dalam agenda sosialisasi empat pilar MPR RI di Waimital Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, 6 April 2021.

Saadiah juga peristiwa bom bunuh diri di Makassar, Sulawesi Selatan, merupakan tindakan keji yang mengoyak kehidupan kerukunan dan kedamaian yang sejauh ini sudah terbentuk.

Menurutnya, pengamalan terhadap nilai-nilai empat pilar harus di tingkatkan di tengah masyarakat agar terhindar dari paham-paham radikal dan sesat.

"Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika harus benar-benar dijiwai agar kita terhindar dari paham-paham yang keliru," saran Saadiah.

Dia mencontohkan, sila pertama Pancasila akan membuat orang menjadi penganut agama yang baik dan tidak tega membunuh manusia dengan jalan bom bunuh diri.

"Agama mengajarkan kita menjunjung kemanusiaan. Islam tidak pernah mengajarkan kekerasan seperti bom bunuh diri," tegasnya.

Anggota MPR RI ini juga memberikan pandangan terkait Bhineka Tunggal Ika. “Kemajemukan bangsa Indonesia yang bemacam suku, agama dan budaya, harus disatukan dalam semangat persatuan anak bangsa,” turutnya.

Sosialisasi empat pilar MPR RI yang dipusatkan di Nusa Puan Resto itu, dihadiri Jajaran Pengurus DPD PKS Kabupaten SBB dan sejumlah tokoh masyarakat. Kegiatan diakhiri dengan sesi diskusi dan foto bersama seluruh peserta dan Anggota MPR RI Fraksi PKS ini. (BB-RED)