BERITABETA.COM, Bula — Sudah empat hari, ambruknya jembatan darurat Wai Dawang, Kecamatan Teluk Waru, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), belum diperbaiki.

Kondisi jembatan yang ambruk membuat jalur lalulintas yang menghubungan desa-desa sekitar dengan kota Bula menjadi terhambat. Akibatnya jalur jalan di lintas tersebut hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.  

Senin 12 April 2021 lalu, Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur sempat meninjau lokasi jembatan Wai Dawang yang berada di Desa Dawang itu,  namun belum ada langkah yang diambil Pemerintah Kabupaten SBT untuk mengatasi kondisi tersebut.

Informasi yang diperoleh media ini di Bula, Kamis (15/4/2021) menyebutkan pasca ambruknya jembatan darurat Wai Dawang menyebabkan kendaraan roda empat belum bisa melewati jalur lintas Bula - Airnanang itu.

"Mobil-mobil belum bisa lewat. Beta pung oto (mobil saya) ada parkir disana" kata salah satu pengemudi mobil, Muhammad Saleh Almahdaly menjawab beritabeta.com.

Sementara itu,  salah satu penumpang Tutuk Tolu – Bula,  Rahima mengungkapkan siang tadi terjadi macet berkepanjangan, dia mengaku banyak mobil saling antri pada kiri dan kanan badan jembatan.

Ibu empat anak itu mengaku, semua penumpang dari Bula dan hendak ke Bula tetap memilih menyebrang dan berganti mobil yang sudah stand by di Desa Dawang untuk melanjutkan perjalanan.

"Terpaksa harus salin mobil, kalau seng bawa barang seng apa-apa. Tapi kalau bawa barang banyak, belum lagi anak-anak. Memang ribet" cetusnya.

Diberitakan sebelumnya jembatan darurat Wai Dawang di Kecamatan Teluk Waru Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku kembali ambruk, hingga kini terhitung sudah tiga kali jembatan di Desa Dawang itu terjadi ambruk.

Akibat ambruk, akses dari dan menuju beberapa kecamatan ke kota Bula ibukota Kabupaten SBT menjadi terhenti jelang Ramadhan ini.

Mobil angkutan barang dan angkutan umum terpaksa harus menunggu di bagian kiri dan kanan jembatan, kondisi jembatan hanya bisa dilewati sepeda motor.

"Rusak tadi malam. Pagi tadi rencana ke Tutuk Tolu tapi tidak bisa lewat, jembatan ambruk. Hanya motor yang bisa lewat" kata M. Saleh Rumatumia menjawab pertanyaan beritabeta.com (BB-AZ)