Tokoh Kabupaten Halsel, DR. Muhammad Kasuba, MA
Tokoh Kabupaten Halsel, DR. Muhammad Kasuba, MA

BERITABETA.COM, Ternate -   Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 18, pada 9 Juni 2021 mendatang. Memasuki milad ke 18 itu,  tokoh Kabupaten Halsel, DR. Muhammad Kasuba, MA mengajak masyarakat Halsel untuk memberikan dukungan penuh kepada kepemimpinan Bupati, H. Usman Sidik dan Wakil Bupati Bassam Kasuba.

Pemimpin baru Usman – Bassam dilantik oleh Gubernur Provinsi Maluku Utara, KH. Abdul Gani Kasuba pada Senin 24 Mei 2021 di Sofifi.

“Kepemimpinan Baru di Kabupaten Halmahera Selatan telah dilantik 24 Mei lalu. Mari bersatu dan memberikan dukungan penuh untuk menyukseskan program pembangunan yang menjadi visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Halsel”, tandas DR. Muhammad Kasuba, MA di Ternate, Senian (7/6/2021).

Muhammad Kasuba yang sebelumnya menjadi Ketua Dewan Pengarah pasangan Usman – Bassam pada pilkada Halsel menyebut, Bupati – Wakil Bupati terlantik, sejak awal telah menegaskan komitmennya untuk merevitalisasi pembangunan Halsel dan Bersatu Mengembalikan Senyum Halmahera Selatan.

“Visi Usman – Bassam telah ditegaskan lewat cita besarnya, Bersatu mengembalikan senyum halmahera selatan yang lebih baik, beradab dan penuh berkah”, kata Ketua DPP PKS Bidang Pembinaan Wilayah Indonesia Timur ini.

Visi ini detail Muhammad Kasuba, sejalan dengan  semangat revitalisasi yang akan dilakukan oleh Bupati Usman Sidik, memperkuat ikatan kebersamaan pada seluruh komponen masyarakat  dalam satu ikatan Saruma, serta membangun Halsel dengan terencana, terarah, terukur untuk meletakkan kembali nilai dasar pemerintahan dan hak-hak dasar masyarakat Halsel.

“Ada pikiran strategis dari keinginan pasangan Usman – Bassam yang mesti didukung bersama. Antara lain, merevitalisasi bangunan kebersamaan dan kedamaian seluruh komponen masyarakat Halsel, meningkatkan kualitas pelayanan pemerintahan dengan tata kelolah berbasis nilai serta membangun kualitas SDM, sistem kemandirian ekonomi dan mengembangkan system pembangunan infrastruktur terpadu untuk kepentingan ekonomi masyarakat Halsel,” imbuh Bupati Halsel 2 periode ini.

Keinginan untuk  melakukan revitalisasi, sejalan dengan review evaluatif beberapa indikitor pembangunan eksiskting di Halsel yang cenderung turun dan perlu dibenahi. Sebutlah, Kata Muhammad Kasuba, capain Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Angka Partisipasi Sekolah.  Meningkatnya Presentasi angka kemiskinan dan presentasi angka pengangguran.

“Angka IPM Halsel belum naik signifikan. Pemimpin Baru akan bekerja keras untuk mendorong kebijakan dan program pembangunan untuk menaikan angka IPM. Karena angka IPM menandaskan tentang akses masyarakat Halsel untuk memperoleh pendapatan, kesehatan, dan Pendidikan yang memadai dan layak”, imbuhnya.

Begitupun dengan semangat untuk menurunkan angka kemiskinan, pengangguran dan meningkatkan Angka Partisipasi Sekolah di Halsel.

“Pemimpin baru Halsel telah membawa energi dan semangat nyata untuk membangun Halsel. Energi ini mesti terinternalisasi dalam seluruh penyelenggara pemerintahan daerah agar visi revitalisasi dapat terwujud secara baik” sebut Muhammad Kasuba (BB-DIO)