BERITABETA.COM - Setelah gagal menaturalisasi dua pemain keturunan Indonesia, Mees Hilgers dan Kevin Diks, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong kini melirik pemain pengganti beranama Tijjani Reijnders.

Pemain keturunan Indonesia berdarah Maluku ini, dikabarkan menjadi incaran untuk bergabung bersama Timnas Indonesia. Nama Tijjani Reijnders disodorkan langsung oleh Shin Tae-yong. Dan kabarnya Tijjani berpeluang untuk bergabung.

Lalu siapa sosok Tijjani Reijnders? 

Tijjani adalah playmaker yang kini bermain di AZ Alkmaar.  Ia  kelahiran Zwolle, Belanda dan memiliki darah Indonesia dari ibunya yang lahir di Ambon, Maluku. Tijjani bermain di AZ Alkmaar hingga kontraknya berakhir 30 Juni 2025. 

Tijjani Reijnders sempat dipinjamkan ke RC Waalwijk dan kini kembali bermain untuk AZ Alkmaar di posisi gelandang dan gelandang tengah.

Ia telah bermain 28 kali di musim ini, dengan rincian 20 kali di Eredivisie atau kasta teratas Liga Belanda, lima kali di UEFA Conference League, dan tiga kali di KNVB Beker alias Piala Belanda. Dari jumlah itu, Tijjani Reijnders membukukan dua gol, dua assists, dan dua kartu kuning.

Dikutip dari bola.com, Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani mengatakan Shin Tae-yong lantas menyodorkan nama Tijjani Reijnders sebagai pengganti Mees Hilgers dan Kevin Diks. Namun, pria berkaca mata itu belum mau terburu-buru. Sebab, garis keturunan Reijnders perlu ditelusuri.

Minimal, Tijjani Reijnders harus punya darah Indonesia dari kakek atau neneknya sebelum naturalisasinya diproses demi memenuhi Statuta FIFA.

"Shin Tae-yong meminta satu pemain keturunan untuk dinaturalisasi. Posisinya gelandang serang. Namanya terbilang baru. Bukan yang selama ini beredar. Dia keturunan Maluku. Pemain dari AZ Alkmaar," kata Hasani seperti dikutip dari Bola.com, Kamis (10/2/2022) sore WIB.

Postur tubuh Tijjani mencapai 185 cm dan cukup ideal untuk menjadi penghalau bola di line tengah dan juga memiliki mobilitas tinggi.

Tijjani juga memiliki jam terbang dengan total 957 menit saat bermain di  AZ Alkmaar.  Gelandang berusia 23 tahun ini  juga saat berseragam AZ Alkmaar di Eredivisie,  bermain selama 661 menit.

Dari laman Transfermarkt diperoleh data jika harga pasar Tijjani saat ini boleh dibilang tinggi Rp20,86 miliar dari update terakhir 5 Januari 2022.  Nilai ini cukup sepadan dengan kontribusinya di klub.

Saat junior, Tijjani pernah menimba ilmu di PEC Zwolle, FC Twente hingga AZ Alkmaar U-21. Pada 1 Januari 2018, Tijjani Reijnders promosi ke tim utama dengan nilai pasar saat itu Rp2,61 miliar.

Jika Tijjani Reijnders bisa dinaturalisasi menjadi WNI bisa menjadi gacoan baru bagi Timnas Indonesia.

Tijjani Reijnders bisa menjadi pembeda di Timnas Indonesia untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia 2023.

Ia berpeluang dinaturalisasi via jalur khusus berdasarkan UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia Pasal ke-20.

Tijjanji tidak perlu melalui pasal ke-9 huruf b yang menyebutkan: warga negara asing (WNA) yang ingin menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) harus minimal lima tahun tinggal di Indonesia secara berturut-turut atau sepuluh tahun tidak berturut-turut.

Sementara itu, Pasal 20 memperbolehkan WNA menjadi WNI tanpa perlu melalui pasal ke-9 huruf b dengan syarat WNA itu telah berjasa kepada Republik Indonesia atau dengan alasan kepentingan negara. Skema ini pernah diterapkan untuk Mark Klok (*)

Editor : Redaksi