BERITABETA.COM, Ambon – Salah satu cara ampuh untuk mempromosikan Kota Ambon, secara nasional bahkan internasional adalah melalui perilaku masyarakat. Dengan perilaku masyarakat yang baik tersebut, maka stigma orang luar yang menilai kota bertajuk manise ini masih rawan keamanan, dengan sendirinya terkubur alias hilang.

“Perilaku yang baik, sopan dan santun dari masyarakat terhadap siapa pun yang datang ke Kota Ambon, hal tersebut sudah membantu mempromosikan kota ini untuk dikunjungi orang luar,” kata Walikota Ambon Richard Louhenapessy kepada wartawan di Ambon, Senin (01/11/2021).

Walikota berujar, dalam berbagai kesempatan ia sering mempromosikan Ambon secara efektif dengan cara menyambut, dan melayani atau memperlakukan orang-orang yang berkunjung ke kota manise ini dengan sebaik-baiknya.

Karena dengan begitu, lanjutnya, otomatis orang tersebut akan menjadi duta promosi untuk Kota Ambon.

“Mereka akan menceritakan yang bagus-bagus mengenai kota ini,"tuturnya.

Menurutnya, salah satu pekerjaan rumah yang hingga kini terus diupayakan agar dapat diselesaikan yakni mengenai prespektif orang tentang Kota Ambon yang masih rawan keamanan.

"Karena orang dari luar Ambon masih berprasangka buruk terhadap Kota Ambon. Bahkan tak sedikit [masih banyak] orang yang punya kesan atau asumsi negative jika kota ini masih rawan keamanan untuk dikunjungi,"ketusnya.

Karena itu, Walikota menegaskan, sudah menjadi tanggungjawab pemerintah dan masyarakat Kota Ambon untuk memberikan kesan positif terhadap orang dari luar Ambon, agar dapat menjadikan kota Amon sebagai rumah yang nyaman untuk semua orang.

Stigma Ambon yang masih dinilai sebagai kota rawan keamanan itu harus dikuburkan oleh masyarakat dengan menunjukan perilaku yang baik kepada setiap orang saat berkunjung ke kota manise tersebut.

"Patut untuk diketahui, Ambon sangat terbuka untuk siapa pun yang datang kesini. Dari segi suku, agama, ras dan lain sebagainya, masyarakatnya sangat ramah. Kita harus tunjukan untuk siapa pun yang datang beraktivitas di Ambon untuk merasa nyaman disini,"tandasnya. (BB-RED)