BERITABETA.COM, Ambon – Komisaris Utama atau Komut PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, akan berada di Kota Ambon, Provinsi Maluku selama dua hari. Yaitu pada 1 November sampai 2 November 2021.

Dalam lawatannya di Kota Ambon pada Senin (01/11/2021), Ahok berbagai pengalaman dengan para pejabat teras lingkup Pemerintah Kota Ambon.

Dia menyempatkan waktu untuk berbagai pengalaman dengan Walikota Ambon Richard Louhenapessy, Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler, Sekretaris Kota Ambon Anthony Gustaf Latuheru, serta para pimpinan OPD, OKP, dan ASN lingkup Pemkot Ambon.

Mereka antuasis mendengarkan wejangan atau nasihat dari eks Gubernur DKI Jakarta tersebut. Ahok menitipkan beberapa pesan penting berdasarkan pengalamannya selama terjun di dunia politik dan birokrasi.

Dia menganjurkan, para pejabat lingkup Pemkot Ambon agar jangan menyia-nyiakan kapasitas selaku pejabat publik.

"Saat kita diberi kesempatan menjadi pejabat publik, jangan pernah merasa ini sebagai menerima begitu saja atau take it for granted. Tetapi harus melihatnya sebagai suatu kesempatan untuk melayani banyak orang atau publik,” tuturnya.

Hal ini, kata dia, menjadi salah satu prinsip yang ditekuninya selama meniti karir di birokrasi di Pemda DKI Jakarta beberapa waktu lalu. "Satu yang paling penting adalah harus bekerja cepat,"timpalnya.

Dia berharap, pejabat Pemkot Ambon harus memanfaatkan kapasitas untuk melayani banyak orang, karena tidak mudah didapatkan, dan mungkin tidak akan terulang lagi dalam hidup. Olehnya itu harus dimanfaatkan sebaik mungkin.