BERITABETA.COM, Ambon – Dalam rangka persiapan menjelang perhelatan Pemilihan Umum atau Pemilu (legislative), dan Pilpres yang akan dihelat pada 2024, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon, tengah ‘ngebut’ atau gencar merekam elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP), untuk masyarakat di “Kota Manise” tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Dukcapil Kota Ambon Shelly Haurissa mengatakan, terkait dengan perekaman e-KTP ini pihaknya memprioritaskan Desa, Negeri, dan Kelurahan yang memiliki populasi penduduk cukup banyak.

"Kami prioritaskan di desa, negeri yang punya penduduk paling banyak. Setelah itu kita lakukan di tempat lain juga," ujarnya di Gedung Balai Kota, Senin (01/11/2021).

Dia menyebut, Desa, Negeri atau wilayah yang menjadi sasaran awal dilakukan perekaman e-KTP yaitu Batu Merah Kecamatan Sirimau, Silale, Waihaong Negeri Nusaniwe, Benteng Kecamatan Nusaniwe, dan Kecamatan Baguala.

"Untuk Kecamatan Nusaniwe, kami akan melakukan cara jemput bola pada dua kawasan yaitu Waihaong dan Silale,"ujarnya.

Sejauh ini, lanjutnya, tercatat sebanyak 11 Desa, Kelurahan dan Negeri sudah dijemput bola untuk merekam e-KTP.

Dia menyebut, langkah ini sudah dilakukan mulai dari Laha, Tawiri, Hatiwe Besar, Poka, Rumah Tiga Kecamatn Teluk Ambon, Hukurila di Kecamatan Leitimur Selatan.

“Lalu kemarin di Passo Kecamatan Baguala, termasuk beberapa wilayah lainnya. Setiap hari kami melakukan pelayanan saat jam kerja,"timpalnya.

Tujuan dari perekaman e-KTP dilakukan setiap hari oleh pihaknya, kata dia, agar masyarakat kota Ambon dapat mengantongi [e-KTP] sebelum Pemilu 2024.

“Sehingga masyarakat di Kota Ambon dapat menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024 mendatang,”pungkas Shelly Haurissa. (BB-RED)