BERITABETA.COM, Bula — Dinas Kesehatan [Dinkes] Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] bersama Kepolisian Resor [Polres] SBT gencar melakukan vaksinasi covid-19 di daerah itu.

Kali ini, vaksinasi Covid-19 dipusatkan di Sigafua Cafe dan Resto di jalan Protokol Kota Bula, Rabu (29/12/2021) itu dengan menggandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil [Disdukcapil] SBT untuk melakukan pelayanan perekaman Kartu Tanda Penduduk [KTP] kepada masyarakat.

Kepala Disdukcapil SBT Sidik Rumalowak saat dikonfirmasi media ini menjelaskan, pelayanan KTP dalam program vaksinasi itu merupakan terobosan baru yang dilakukan sebagai upaya kolaborasi dalam mengejar capaian vaksinasi di kabupaten penghasil miyak bumi itu.

Sidik mengaku, ide untuk melibatkan Disdukcapil SBT tersebut ditawarkan Kapolres SBT AKBP Andre Sukendar, sehingga pihaknya sangat merespon baik untuk dilakukan.

"Karena selain vaksinasi, kita juga melakukan penataan dan penertiban administrasi kita. Yang terjadi tadi ada beberapa penduduk yang kami lakukan perekaman luar domisili, karena ada penduduk dari Maluku Tengah dan Ambon yang memang mereka bekerja disini tapi belum memiliki KTP," ujar Sidik Rumalowak.

Pelaksana Tugas [Plt] Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga [Dikbudpora] SBT itu juga mengungkapkan, upaya itu sekaligus mempermudah masyarakat dalam mendapat pelayanan vaksinasi.

Menurutnya, masyarakat yang tidak membawa serta KTP dan dokumen lainnya saat mengikuti vaksinasi, pihak Disdukcapil langsung mengecek data sekaligus mengetahui Nomor Induk Kependudukan [NIK] mereka yang valid.

"Langkah ini kami memberikan respon positif terhadap apa yang dilakukan oleh tim vaksinasi dari Polres. Ini yang kami coba membantu dan terus dilakukan untuk menggenjot percepatan vaksinasi covid-19 di SBT." Pungkasnya.

Secara terpisah, Kepala Kepolisian Sektor [Kaposek] Bula IPTU Abdul Rahman Sambas membeberkan, dalam vaksinasi yang digelar tersebut direncanakan berlangsung selama tiga hari kedepan.

Sambas mengaku, warga yang mengikuti vaksinasi di Sigafua Cafe dan Resto itu akan dilakukan undian satu kupon doorprize pada 31 Desember 2021 mendatang. Namun dia tidak menyebut bentuk dan besaran hadiah yang akan diberikan.

"Bagi bapak ibu yang melakukan vaksinasi hari ini pastikan nomor handpone-nya aktif, akan kami inventarisir nanti satu peserta vaksinasi [satu kupon yang kami undi]," bebernya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi