Pelaksana Tugas Kepala Kementerian Agama Kabupaten Seram Bagian Timur, Moksen Mahu. Foto: beritabeta.com
Pelaksana Tugas Kepala Kementerian Agama Kabupaten Seram Bagian Timur, Moksen Mahu. Foto: beritabeta.com

BERITABETA.COM, Bula — Pelaksana Tugas Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Moksen Mahu mengatakan, tahun 2021 ini Madrasah Aliyah Kejuruan atau MAK Kabupaten SBT Provinsi Maluku akan diaktifkan.

Namun bangunan sekolah yang berada di Desa Administratif Bula Air Kecamatan Bula Kabupaten SBT itu, belum bisa dimanfaatkan.

Moksen menuturkan, secara teknis penerimaan siswa dan proses belajar mengajar masih menggunakan sistem nebeng pada bangunan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 SBT, Provinsi Maluku.

"Rencana kita tahun ini ada penerimaan siswa baru, tapi teknisnya seperti nebeng di MAN 2 dulu," jeleas Moksen kepada beritabeta.com di ruang kerjanya, Kamis (10/6/2021).

Diakuinya, keberadaan MAK masih dalam proses pengusulan izin operasional di Kementerian Agama Republik Indonesia.

Dan jika izin operasional sudah dikeluarkan tahun ini, siswa yang nebeng pada MAN 2 SBT secara langsung terdaftar menjadi siswa MAK.

"Jadi saat ini tahapan-tahapan tersebut tengah kita lalui dan upayakan,” tuturnya.

Ia menyebut ada tiga Madrasah Aliyah (MA) swasta di SBT yang akan diusulkan untuk menjadi MA Negeri termasuk MAK SBT yang mana semua persyaratannya sudah terpenuhi.

"Yang masih kurang itu MA Siritaun Wida Timur dan MA Kiandarat. Sedangkan MA Tutuk Tolu semuanya sudah siap," kata Moksen. (BB-AZ)