BERITABETA.COM, Ambon –  Lembaga Pendidikan, Politeknik Keluatan dan Perikanan [KP] Kampus Maluku berhasil mewisudakan sebanyak 170 orang jenjang Diploma III (D3) tahun akademik 2021/2022.

Kegiatan wisuda ini dibuka oleh Kepala Pusat Pendidikan (Kapusdik) Kelautan dan Perikanan, Dr. Bambang Suprakto, A.Pi, S.Pi, MT dan berlangsung di Aula SUPM Waiheru, Ambon, Kamis (1/9/2022).

Wakil Koordinator Politeknik Keluatan Perikanan Kampus Maluku, Dr. Achmad Jais Ely, ST, M.Si dalam laporannya menyatakan, dari hasil evaluasi Tahun Akademik 2021/2022, telah dinyatakan lulus sebanyak 170 wisudawan.

Puluhan lulusan ini terbagi darri, 57 lulusan orang Program Studi Teknik Penangkapan Ikan, 55 orang Program Studi Teknik Pengolahan Produk Perikanan dan 58 orang Program Studi Teknik Budidaya Perikanan.

Jais Ely juga menyampaikan atas kepercayaan dunia usaha dan industri kelautan dan perikanan terdapat sebanyak 46 dari 170 lulusan yang diwisuda hari ini, telah masuk permintaan tenaga kerja dari beberapa perusahaan.

“Perusahaan –perusahaan tersebut masing-masing PT. Wahana Lestari Investama, PT. Indobenur Utama, Takalar-Sulawesi Selatan, CV. Siana Marina Service, Tangerang, CV Asmin Jumahir Sejahtera Galala-Ambon, PT Perikanan Nusantara Galala-Ambon dan PT Trinanda Selaras Lestari Jakarta Selatan,” beber dia.

Sementara itu, Gubernur Maluku, Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan Pj. Sekda Maluku, Sadali Ie menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Politeknik Kelautan dan Perikanan Maluku, yang senantiasa mendukung upaya dan langkah Pemerintah Daerah dalam mewujudkan peningkatan SDM yang unggul dan berdaya saing di bidang kelautan dan perikanan.

Dikatakan, percepatan pembangunan Maluku berbasis kemaritiman, merupakan sebuah keniscayaan yang harus dilakukan, mengingat Maluku berciri archipelago [kepulauan] dengan luas lautan mencapai 92,4% serta jumlah pulau kurang lebih 1.340.

“Hal ini berimplikasi ke semua bidang pembangunan, karena tantangan kita kepulauan di Maluku cukup kompleks,” imbuhnya.