BERITABETA.COM, Jakarta – Media digital Tempo.co menyelenggarakan acara Tempo Young Entrepreneur Challenge 2022. Dalam acara itu, empat pebisnis muda inspiratif pilihan redaksi membagikan kisah perjalanan bisnis mereka, termasuk bertahan dan bahkan berkembang pesat selama pandemi Covid-19.

Mereka adalah Claudia Kolonas dari Pluang untuk kategori teknologi keuangan, Rizki Arief Dwi dari HMNS untuk kategori inovasi marketing, Nadine Gaus dari Klamby untuk kategori e-commerce dan retail, dan Anugrah Pakerti dari Avoskin untuk kategori onboarding atau naik kelas.

"Mereka dipilih dari ratusan profiling yang masuk dan diseleksi tim tempo untuk disaring secara berlapis-lapis dengan berbagai kriteria dan akhirnya bisa muncul di sini," kata CEO Tempo Media Group, Arif Zulkifli, saat membuka acara Tempo Young Entrepreneur Challenge di The Club Djakarta Theatre, Jakarta, pada 4 Oktober 2022.

Adapun indikator penilaian meliputi inovasi bisnis yang dijalankan, memulai modal usaha dari nol, berusia di bawah 35 tahun, serta memiliki dampak positif terhadap masyarakat.

Sebelum akhirnya memilih empat nama pengusaha muda, redaksi Tempo.co melakukan riset dan berdiskusi dengan sejumlah pihak. Di antaranya, Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya, Asosiasi Fintek Indonesia, Indonesia E-commerce Association, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia, Asosiasi Pertekstilan Indonesia, hingga akademisi dari Prasetya Mulia, Universitas Airlangga, dan Institut Pertanian Bogor.

Di akhir penjurian, redaksi memilih lima pengusaha muda di lima kategori. Namun seorang kandidat tidak bersedia diverifikasi sehingga menyisakan empat pengusaha.