BERITABETA.COM, Ambon — Terminal Liquefied Petroleum Gas [PLG] Wayame, Kota Ambon di PT Terminal Bahan Bakar Minyak [BBM] Pertamina (Persero) Wayame diresmikan oleh Direktur Utama [Dirut] PT. Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution, Selasa (06/12/2022).

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah [Sekda] Maluku Sadali Ie pada kesempatan tersebut sangat mengapresiasi PT Pertamina dengan beroperasinya terminal LPG Wayame Ambon.

"Atas nama Pemerintah Daerah [Pemda] dan masyarakat Maluku, saya memberikan apresiasi dan dukungan kepada PT. Pertamina, dengan adanya terminal LPG harapannya agar ketersediaan dan pendistribusiannya berjalan dengan baik dan lancar bagi kebutuhan masyarakat. Dan selamat kepada pimpinan dan seluruh jajaran Pertamina atas peresmian dan pemanfaatan LPG di jalan ini," ucap Murad Ismail.

Murad mengungkapkan, bukti kerja pemerintah dalam memfasilitasi berbagai kebutuhan masyarakat akan bahan bakar khusus minyak dan gas melalui PT. Pertamina TBK telah membangun salah satu proyek strategis nasional yaitu LPG wilayah kerja Maluku dan Papua.

“Infrastruktur hilir ini, tentu pada waktunya akan memperkuat distribusi LPG di wilayah Timur Indonesia, khususnya Maluku dan Papua sekaligus mendukung program pemerintah, agar masyarakat mulai beralih dari minyak tanah ke LPG [gas]," ungkapnya.

Ia membeberkan, PT. Pertamina melakukan pembangunan di seluruh Indonesia sebagai tugas utama untuk meningkatkan peran Pertamina bersama Pemda dalam memberikan kontribusi pada kinerja dan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik di wilayah kerja Provinsi Maluku, sebagai perwujudan kesejahteraan masyarakat. 

“Karena, pembangunan terminal LPG disini akan memberikan dampak, antara lain membuka lapangan kerja baru, peningkatan Pendapatan Asli Daerah [PAD] dan dampak lainnya seperti menggeliatnya berbagai usaha seperti rumah makan, restoran, kafe dan kuliner serta usaha lainnya,” bebernya. (*)

Pewarta : Febby Sahupala