BERITABETA.COM, Masohi -  Modus pencurian menggunakan cara hipnotis mulai marak di wilayah Kota Masohi Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).  Salah satu korbannya adalah Oca Wear/Siahaya (62), warga Kelurahan Ampera RT 03 Kecamatan Kota Masohi.

Ibu rumah tangga yang setiap sore hingga malam berjualan menggunakan gerobak di seputaran pantai Ina Marina ini, harus pasrah karena kehilangan kalung emas seberat 12 gram.

Informasi yang dihimpun media ini menyebutkan, kejadian tersebut  dialami mama Aca sapaan akrab korban, sekitar pukul 19.30 WIT usai shalat magrib. 

Pada saat itu korban hendak membuka lapak jualan makanan di lokasi yang berada di kawasan RT 03 Kelurahan Ampera Masohi, Sabtu (19/3/2022).

Pelaku yang diketahui adalah wanita itu, melancarkan aksi hipnotisnya menggunakan cara berpura-pura mengenal korban. 

“Dia kasih kaget beta di jalan [pelaku mengagetkan saya], pas ada mau pi [saat saya menuju tempat jualan] ,” ungkap Mama Aca kepada wartawan di rumahnya, Minggu (20/3/2022).

Aca menuturkan, saat itu pelaku menggiring korban ke rumahnya yang tidak jauh dari lokasi lapak. Pelaku mendiamkan korban, selanjutnya melancarkan aksinya di kamar.

“Dia ambe [dia mengambil ] kalung emas 12 gram. Kalung itu beta beli dari tahun 80an di Masohi, saat masih harga Rp.30.000,” tandasnya.

Korban juga mengungkapkan, mengetahui ciri fisik pelaku hipnotis  yang berhasil mengambil perhiasan emas dalam dilemarinya. Tingginya  sekitar 165 Cm, kulit sawo matang, potongan rambut di bagian telinga pendek, sedangkan di bagian belakang panjang, dialeg bicara orang Maluku.

“Dia perempuan, dia bilang namanya itu Oca,” ungkapnya.

Saat beroperasi malam itu, pelaku menggunakan sepeda motor jenis bebek Yamaha  Jupiter warna hitam merah dengan menggunakan helm.

Pelaku menggenakan masker coklat, jaket switer saku depan hijau, celana coklat list putih disamping paha sampai ke kaki, sendal kulit motif bunga-bunga (*)

Pewarta : Fandi Ahmat