BERITABETA.COM, Ambon – Asesmen kompetensi untuk guru, kepala dan pengawas madrasah/sekolah sangat penting dilakukan, demi menunjang atau meningkatkan mutu pendidikan di Maluku.

Kaitannya dengan itu Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Maluku melalui Bidang Pendidikan Madrasah, melaksanakan asesmen kompetensi terhadap 300-an lebih para pahlawan tanpa tanda jasa [julukan bagi guru].

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Maluku Jamaludin Bugis di aula lantai III Kanwil Kemenag Provinsi, Jalan Jenderal Sudirman Tantui Kecamatan Sirimau Kota Ambon pada Senin, (11/10/2021).

Asesmen ini akan dilaksanakan pada 11 kabupaten dan kota se-Maluku. Dimulai dari Kabupaten Maluku Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka langsung serta virtual.

Kakanwil Kemenag Maluku Jamaludin Bugis dalam amanatnya mengemukan, asesmen dilaksanakan sebagai bagian dari metode untuk mencari aparatur sipil negara atau ASN, yang memiliki kompetensi sesuai amanat peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Tujuannya, agar guru dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik serta profesioanal,”tegasnya.

Dia menyatakan, pelaksanaan asesmen ini bertujuan untuk melihat secara dekat mengenai kemampuan dan inovasi para kepala madrasah, terkait dengan pengembangan mutu pendidikan khususnya di lingkup Kemenag Maluku.

Dia berujar, untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan di daerah ini [Maluku], yang sangat penting atau dibutuhkan adalah meningkatkan sumber daya manusia.

Salah satu cara dilakukan asesmen kompetensi terhadap para guru, kepala dan pengawas madrasah.

“Saya sangat berharap para peserta dapat mengikuti program ini dengan tulus, focus serta tenang," timpalnya.

Hadir dalam pembukaan Asesmen Kompetensi di antaranya; Ketua Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) Maluku Dr Abidin Wakano, anggota BAN S/M Maluku M Nur Matdoan, pejabat eselon III dan IV lingkup Kanwil Kemenag Maluku.

Termasuk para peserta asesmen yakni ASN Kemenag Kabupaten Maluku Tengah, ikut secara tatap muka juga virtual. (BB-RED)