BERITABETA.COM, Ambon – Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN), Surya Tjandra, Jumat pagi (19/2/2021), tiba di Kota Ambon, Provinsi Maluku, dengan menggunakan pesawat reguler Batik Air. Selama 6 hari Wamen melaksanakan kunjungan kerja pada tiga kabupaten dan satu kotaw di Maluku.

Gubernur Maluku Murad Ismail dan unsur Forkopimda Maluku dipastikan menjemput Wamen Surya Tjandra. “Wamen dan rombongan akan berada di Maluku selama 6 hari, terhitung sejak 19-24 Februari. Dan akan berkunjung ke Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Maluku Tengah dan Kota Ambon,” ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Maluku, Melky Lohy, dalam keterangan pers, Kamis (18/2/2021).

Sejumlah agenda yang akan dilakukan selama kunjungan kerjanya itu diantaranya, Peninjauan Kampung Reforma Desa Seri, Kota Ambon, kunjungan ke Kanwil ATR/BPN Provinsi Maluku dalam rangka pembinaan serta menghadiri jamuan makan malam di kediaman Gubernur Maluku di Poka, Wailela.

Keesokannya, Sabtu, 20 Februari, jelas Lohy, Wamen dan rombongan menuju Piru, Kabupaten SBB. Di Piru, Wamen mengadakan pertemuan bersama Bupati SBB dan SKPD.

“Di SBB, Wamen juga  akan meyerahkan sertifikat redistribusi tanah Tahun 2020 di Aula Kantor Desa Tsmaniwel, selanjutnya menuju Desa Saleman,” ujarnya.

Masih kata Lohy, tiba di Desa Saleman,  Wamen menggunakan speedboat menuju  Ronela, rumah Olat, Sawai, Maluku Tengah.

Pada Minggu, 21 Februari, Wamen menuju Waemusal untuk meninjaub kampung Reforma. “Dari Waemusal, Wamen dan rombongan menujju Desa Waketan Baru, Seram Bagian Timur, untuk meninjau kampung Reforma,” imbuhnya.

Kegjatan kemudin dilnjutkan pada Senin (22/2021), Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) di Kantor Pertanahan SBT.

Selanjutnya Wamen menuju Masohi, Maluku Tengah. “Tiba di Pendopo,  Wamen disambut Bupati Malteng yang dilanjutkan dengan Silaturahmi,” imbuhnya.

Berikutnya, Selasa, (23/2/2021), Wamen akan Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA), di Kantor Pertanahan Malteng. Setelah itu, Wamen menuju Liang-Awaya, untuk meninjau Hak Guna Usaha (HGU) PTPN XIV dan kembai ke Kota Ambon.

“Pada Rabu, 24 Febuari, Wamen memberikan kuliah umum di Universitas Pattimura Ambon. Setelah dari Unpatti, Wamen dan rombongan menuju Bandara Pattimura untuk kembali ke Jakarta,” jelasnya, (BB-AZ)