Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang (ATR) Surya Tjandra
Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang (ATR) Surya Tjandra

BERITABETA.COM, Bula — Dijadwalkan pada pekan depan, Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang (ATR) Surya Tjandra akan mengunjungi Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku.

Kunjungan Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang direncanakan pada 21 Februari 2021 mendatang itu dalam rangka meninjau Desa Reforma Agraria di Kecamatan Bula Barat.

Dimana pada tahun sebelumnya, lewat program Gugus Tugas Reforma Agraria yang dipusatkan di Desa Waiketambaru itu akan didatangi Wamen untuk melihat secara langsung.

“Jadi rencananya tanggal 21 sekitar jam 3 atau jam 4 sore, kita akan sambut di Desa Waiketambaru. Dia akan meninjau lokasi yang masuk dalam kampung reforma agraria” kata Kepala BPN SBT Heriyanto Aritonang kepada wartawan, Selasa (16/02/2021)

Dalam kunjungan itu lanjut Heriyanto, yang diharapkan nantinya adalah akses. Karena kata dia, di sana akan melihat aktivitas masyarakat petani, peternak sapi dan belut.

Selain itu juga akan dilihat dampak langsung kepada masyarakat, dengan harapan peningkatan kesejahteraan lewat gugus tugas reforma agraria yang dipimpin langsung oleh Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas.

“Setelah itu malamnya akan ada di Pandopo rencananya dan selanjutnya kita akan membuat Rakor Gugus Tugas Reforma Agraria yang dipimpin langsung Pak Wamen” tandasnya

Dia juga menjelaskan, Rencananya Wamen akan berkunjung ke Negeri Banggoi Kecamatan Bula Barat untuk mencanangkan salah satu Desa Adat itu sebagai kampung Reforma Agraria.

Dengan tujuan melakukan perbandingan kesejahteraan dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada desa Transmigrasi dengan desa Penduduk asli Seram Bagian Timur itu.

Pihaknya berharap agar bisa menjadi perhatian bapak Wamen, sehingga ini nantinya dapat disuarakan sampai juga ke Pemerintah Pusat dan tentunya menjadi perhatian Pemerintah Daerah.

“Sehingga hal-hal mana yang menjadi penghambat masyarakat bisa mengembangkan taraf hidup mereka, sehingga banti dengan adanya Rakor ini masyarakat memiliki akses untuk pengembangan untuk kesejahteraan masyarakat yang ada di sana” harapnya.

Diakuinya terkait rencana kunjungan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang di Kabupaten Seram Bagian Timur ini sebenarnya menjadi satu kohormatan tersediri bagi BPN dan Pemkab SBT.

Sementara untuk kesiapan, pihaknya mengaku memang BPN dan Pemerintah Pusat sudah melakukan kordinasi yang intens. Bahkan tim di daerah tambah dia, sudah turun ke dua desa itu untuk melakukan persiapan.

“Kita minta dukungan doa dari masyarakat SBT dan ini merupakan kerja keras kita bersama. Saya berterimakasih selama ini juga dukungan Pemerintah Daerah buat kegiatan-kegiatan yang ada di SBT” tutupnya (BB-AZ)