BERITABETA.COM, Ambon – Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Hanura Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Mudamir Rumaday mengatakan, di Ambon, Kamis (21/03/19), dalam dunia politik harusnya saling percaya.

Hal itu dia sampaikan berkaitan dengan komunikasi intensif dan terstruktur yang sudah terbangun antara pengurus Partai Hanura dari level paling bawah hingga tingkat pusat, dengan salah satu calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI, Soedeson Tandra.

“Kami belum bisa bicara target, karena Pak Tandra ini figur baru. Tapi, kami tetap akan bekerja dan berupaya semaksimal mungkin untuk dapat mendulang suara sebanyak-banyaknya, karena politik itu harusnya saling percaya,” kata Abdul Mudamir Rumaday.

Dia mengatakan, karakteristik wilayah SBT Agak berbeda dengan wilayah lain, Semisal Seram Bagian Barat ( SBB) atau lainnya. ditambah lagi jangkauan provider hanya terbatas di ibukota kabupaten, Bula, dan beberapa wilayah terdekat.

Sementara wilayah lainnya yang jauh dan pulau-pulau kecil, tak tersentuh jangkauan provider.

Hal itu menyebabkan distribusi informasi dari figur calon legislatif (caleg) yang menggunakan media sosial atau online tidak sampai di wilayah-wilayah yang tak terjangkau layanan provider tadi.

Hal yang sama juga terjadi bila figur tersebut menggunakan media koran sebagai ajang promosi dan sosialisasi, lantaran hanya beredar di ibukota kabupaten dan wilayah-wilayah terdekat saja.

“Kendala itu yang membuat kami sulit untuk memperkenalkan sosok Pak Tandra kepada masyarakat. Tapi kami tetap akan berusaha lewat Alat Peraga Kampanye (APK) dan komunitas-komunitas tertentu di SBT,” kata Rumaday.

Dia mengatakan, dari segi emosional, ada ikatan Pela antara Soedeson Tandra yang seorang putra  Maluku Tenggara Barat (MTB) dengan SBT. Sementara dari sisi etnis, terdapat banyak komunitas keturunan China di kabupaten penghasil minyak bumi itu.

“Itu yang kami bisa ‘jual’ sebagai sesama keturunan China antara pak Tandra dengan mereka. Kami optimis, selain melalui ikatan Pela, kami juga bisa mendapatkan suara untuk kursi DPR RI lewat komunitas itu (keturunan China, red),” ujar Rumaday mantap. (BB – ENY).