BERITABETA, Ambon – Anggota Komisi I DPRD Kota Kota Ambon, Margaretha Siahay menilai sistem pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Ambon untuk sistem pelayananya sudah cukup bagus dan efektif dari aspek pelayanan masyarakat dalam proses pembuatan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kartu Keluarga (KK) serta pembuatan KTP Elektronik (e-KTP).

Dalam sistem pelayanan itu, Dia menilai ada peningkatan yang cukup baik secara admisintrasi. DPDR Kota Ambon dalam hal ini Komisi I yang bermitra dengan Dinas Dukcapil tent uterus mendorong agar kalau bisa Kantor Disdukcapil Kota Ambon itu diperbaiki. Karena, selain gedungnya yang kecil, lokasinya pun harus juga lebih diperhatikan.

Sebab, lokasi dan gedung kantor Disdukcapil Kota Ambon itu kecil. Sehingga harus ada perhatian dari Pemerintah Kota Ambon, agar peningkatan pelayanan terhadap masyarakat pun semakin meningkat.

“Untuk penambahan tenaga kerja, saya rasa yang ada ini cukup memadai, namun yang terpenting adalah bangunan dan lokasi kantor Disdukcapil itu diperhatikan. Dan Kami mendorong penambahan gedung,” ujar Margaretha kepada wartwan di Balai Rakyat Belakan Soya, Rabu (19/09/18).

Target Komisi I adalah tetap mengupayakan Gedung kantor Disdukcapil Kota Ambon, agar pelayanan kedepan lebih mengalami peningkatan secara maksimal.

Ia meniai system pelayanan di Dinas Dukcapil Kota Ambon perlu diapresiasi agar karena playanan di Dukcapil saat ini mulai membaik dari sebelumnya. Beberapa waktu lalu telah terjadi perampokkan terhadap dua unit computer di Dinas tersebut, saat itu juga pelayanan kepada masyarakat sedikit terganggu akibat dari dibobolnya kantor tersebut oleh orang tak dikenal (OTK).

“Saat ini pelayanan sudah kembali normal, setelah beberapa waktu lalu sempat terganggu akibat dari kehilangan dua unit computer yang raib diculik oleh OTK. Ini patut mendapat apresiasi,” tandasnya. (BB/DP)