BERITABETA.COM, Ambon – Nelayan asal Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), La Arman Rumbia, kini dalam pencarian tim Bassarnas Ambon, karena dilaporkan hilang di laut.

Korban dilaporkan berlayar dari Desa Persiapan Tiang Bendera, Kabupaten SBB sejak tanggal 21 Januari lalu dengan tujuan Pulau Buru, namun sampai saat ini pemuda 28 tahun ini tak kunjung tiba di Pulau Buru

Tim SAR dari Basarnas Ambon telah dikerahkan untuk mencari warga Desa Persiapan Tiang Bendera tersebut.

Proses pencarian dilakukan tim SAR setelah mendapat laporan dari Manda, pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten SBB pada Kamis sore (25/1/2024).

“Korban dilaporkan hilang saat melaut di sekitar Perairan Pulau Manipa Kabupaten Seram Bagian Barat,” kata Kepala Basarnas Ambon, M. Arif Anwar dalam keterangan persnya.

Korban diketahui menggunakan perahu ketinting bertolak dari Desa Persiapan Tiang Bendera menuju Pulau Buru sejak pukul 05.00 WIT.

“Korban bertolak dari tanggal 21 Januari 2024 sekitar pukul 5 pagi dan hingga saat ini belum juga tiba di tempat tujuan,” ungkapnya.

Menurutnya, tim SAR telah dikerahkan melakukan pencarian menggunakan Rigid Buoyancy Boat (RBB). Operasi pencarian dilakukan pada koordinat duga 3°14`47.34`S – 127°36`0.03` E, jarak -+ 53 NM, dan Heading 310,55° arah Barat Laut dari Kantor SAR Ambon.

“Upaya pencarian korban hingga pukul 20.00 WIT belum menemukan tanda-tanda keberadaan korban. Pencarian dihentikan sementara akibat buruknya cuaca dilaporkan dan akan dilanjutkan pada operasi SAR hari kedua pada Jumat pagi besok,” tambahnya.

Sebelumnya, kata Arif, masyarakat Desa Persiapan Tiang Bendera juga sudah berupaya melakukan pencarian, namun hingga kini juga belum ditemukan (*)

Editor : dhino. p