BERITABETA.COM, Ambon – Memasuki hari ketujuh pencarian korban KM Sweet yang tenggelam di laut Banda, Basarnas Ambon akhirnya menghentikan operasi pencarian.

Proses pencarian ketiga korban dihentikan, setelah selama sepekan Tim SAR Gabungan tidak menemukan adanya tanda-tanda keberadaan ketiga korban tersebut.

Sebelumnya,  pencarian diperluas sejauh 137 Nautival Mil (NM), namun hingga sore tim tidak menemukan tanda-tanda keberadaan para korban.

"Upaya pencarian yang dilakukan Tim SAR Gabungan selama sepekan terhadap ketiga korban KM. Sweet yang masih dinyatakan hilang telah dilakukan secara maksimal. Namun hingga hari ketujuh tanda-tanda keberadaan korban pun belum berhasil ditemukan oleh Tim SAR Gabungan," kata Kepala Basarnas Ambon, Muhammad Arif Anwar dalam keterangan pers yang diterima beritabeta.com, Selasa (19/3/2024).

Anwar mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi bersama, maka operasi pencarian dinyatakan tutup. Tim SAR Gabungan pun dibubarkan untuk kembali ke satuannya masing-masing.

"Hasil evaluasi bersama Tim SAR Gabungan, Ops SAR dinyatakan selesai dan ditutup. Seluruh unsur Tim Gabungan dikembalikan ke satuannya masing-masing dengan ucapan terimakasih," jelasnya.

Anwar juga  membantah informasi yang beredar bahwa tiga  korban tersebut ditemukan di perairan Seram Bagian Timur (SBT). Tim SAR Gabungan telah berkoordinasi dengan Unit Siaga SAR SBT dan Polairud SBT, ternyata informasi tersebut tidak benar.

Anwar sangat kecewa dengan sikap masyarakat yang menyebarkan informasi hoaks tersebut. Namun, ditegaskannya jika ditemukan korban atau tanda-tanda keberadaan maka Operasi SAR akan dibuka guna evakuasi.

Seperti diberitakan sebelumnya, lima dari total delapan korban berhasil ditemukan dalam kondisi selamat.

Muhammad Arif Anwar mengungkapkan, dengan menggunakan RBB Basarnas Ambon, Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Basarnas, Polairud Polda Maluku, dan keluarga korban kembali melanjutkan Operasi Pencarian delapan orang ABK KM.Sweet yang masih hilang di perairan laut Banda (*)

Berikut data korban KM Sweet yang selamat dan hilang :

  • Selamat :
  1. Rusdin
  2. Hamid Ely
  3. Kelvin Tuhumena
  4. Naril Wolio
  5. Nadil Tomia
  • Hilang :
  1. Arsywandy Syahwal
  2. Hasan Nur Tualepe
  3. Imanuel Kresio Ririhena

Editor : dhino.p