BERITABETA.COM, Bula — Badan Pengawas Pemilihan Umum [Bawaslu] Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] rencannya akan  mulai membuka pendaftaran Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan [Panwascam]. Jadwal pendaftaran Panwascam ini dilakukan secara nasional oleh semua Bawaslu kabupaten/kota di Indonesia.

Ketua Pokja Perekrutan Panwascam Rosna Sehwaky kepada wartawan di Bula, Senin (19/9/2022) mengungkapkan, durasi waktu pendaftaran yang akan dibuka pada lusa  tanggal 21 September selama tujuh hari.

"Progres pendaftaran nanti mulai dari tanggal 21 hingga 27 September 2022. Jadi, durasi waktu pendaftarannya tujuh hari," ungkap Rosna Sehwaky.

Rosna menerangkan, saat ini tahapan rekrutmen Panwascam masih pada pengumuman pendaftaran. Dinama pada tahap ini tambah dia, Bawaslu SBT melayani pengambilan formulir, konsultasi persyaratan dan hal-hal lain yang berkaitan dengan perekrutan Panwascam.

"Untuk tahap pengumuman ini, sudah sebanyak 78 orang yang mengambil formulir di Kantor Bawaslu. Malalui website, WhatsApp, baik staf maupun pimpinan selaku Pokja ditambah dengan pengambilan formulir secara langsung ini kisarannya berada di 90-an," terangnya.

Ia menyarankan kepada bapak-ibu di kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu yang sudah berusia diatas 25 tahun dan berkompeten untuk ikut menjadi pelaku sejarah pengawas Pemilihan Umum [Pemilu] dengan mendaftarkan diri mengikuti serangkaian seleksi.

Koodinator Devisi [Kordiv] Sumber Daya Manusia [SDM] dan Organisasi ini mengaku, dalam perekrutan Panwascam ini, Bawaslu SBT juga konsen pada avirmasi kuota 30 persen perempuan.

"Kami berharap, setelah berita ini dibaca oleh publik, lebih khsus untuk perempuan yang berusia diatas 25 tahun, berijaza minimal SMA dan sejumlah persyaratan lainnya dapat mendaftarkan diri menjadi pengawas Pemilu ditingkat kecamatan," harapnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi