BERITABETA.COM, Ambon – Kiprahnya di dunia politik membuat begitu banyak hal yang menjadi perhatiannya. Lewat sejumlah aspirasi yang dihimpun saat berbaur di tengah masyarakat, Anggota DPR RI Dapil Maluku, Mercy Chriesty Barends kini membantu ratusan pelaku usaha mikro di Maluku dengan membentuk sebuah wadah yang diberinama Perempuan Manis (Mandiri dan Sejahtera).

Wadah yang baru didirikan itu, di-launching di Manise Hotel dengan menghadirkan sebanyak 35 pelaku usaha mikro yang tersebar di Kota Ambon, pada, Sabtu (27/2/2021).

Para pelaku usaha yang dihimpun dari lintas suku, komunitas dan wilayah ini langsung diberi bantuan modal usaha sebesar Rp. 1 juta, untuk tetap melangsungkan kegiatan usaha mereka di masa-masa sulit saat ini.

“Rata-rata mereka yang ada disini dan menjadi penerima bantuan ini adalah mereka yang benar-benar ada pada katagori pelaku usaha kecil yang selama ini tidak pernah menerima bantuan dari pemerintah,” ungkap Mercy kepada wartawan usai acara launching wadah Perempuan Mandiri itu.

Menurut Anggota Komisi VII DPR RI ini, kepedulian untuk membantu para perempuan tangguh yang menjalankan usaha –usaha kecil ini, sebenarnya sudah dilakukan pada periode sebelumnya dengan menjangkau 11 kabupaten/kota di Maluku.

“Saat itu program belum kita kasih nama, hanya kami namai program pemberdayaan saja. Sudah ada sekitar 350 pelaku usaha  kami bantu di seluruh Maluku. Namun, tahun ini, kami lebih rapi lagi dengan membentuk wadah yang disepekati bernama Perempuan Manis, dengan tujuan agar dapat diikuti perkembangannya,” kata Mercy.

Bantuan kepada para pelaku usaha mikro ini, kata Mercy, merupakan inisiatif yang diambil bersama timnya. Sumber pendanaannya pun merupakan dana pribadi yang bersumber dari dana reses, uang perjalanan dan uang saku yang yang disisihkan untuk keperluan program ini.