BERITABETA.COM, Ambon – Tiga warga di Kota Ambon Provinsi Maluku ini dinyatakan positif Covid-19, setelah menjalani pemeriksaan Rapid Antigen secara gratis Sabtu (27/02/2021), yang digelar Satuan Tugas atau Satgas Covid-19 dari TP PKK Provinsi Maluku bekerjasama dengan Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku. kegiatan ini dilakukan secara layanan tanpa turun (drive through), di Lapangan Tahapary, Polda Maluku, Tantui Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

“Dari 357 warga yang jalani pemeriksaan Rapid Antigen gratis Lapangan Tahapary, Polda Maluku, Tantui Ambon tadi,  melibatkan 50 tenaga kesehatan, dengan sasaran sopir angkot, tukang ojek dan pengendara umum lainnya. Hasilnya tiga orang positif Covid-19,” kata Ketua Satgas Penanganan Covid 19 Provinsi Maluku Kasrul Selang, di Ambon Sabtu (27/02/2021).

Kasrul mengakui, tiga warga yang positif Covid-19 itu berdasarkan hasil rapid Antigen yang telah diarahkan untuk mengikuti pemeriksaan Swab PCR di tenda yang telah disediakan di lokasi.

"Syukur Alhamdulillah warga sangat antusias sekali. Dari 357 yang sudah jalani pemeriksaan, 3 orang dinyatakan positif Covid-19 sesuai Rapid Antigen. Mereka juga sudah kita arahkan untuk jalani pemeriksaan Swab PCR," jelas Kasrul Selang, kepada wartawan, Sabtu (27/02/2021).

Kasrul berujar, jika nanti dari hasil Swab PCR terhadap tiga warga tersebut hasil (positif Covid-19), maka akan dikordinasikan lagi dengan Satgas Covid-19 Kota Ambon.

Sementara itu terkait rapid Antigen gratis yang dilakukan TP PKK Maluku – Satgas Pemprov Maluku diapreasiasi salah satu pengendara motor, Joseph (36), terhadap pelaksanaan rapid test gratis yang dilakukan Satgas Covid 19 TP PKK Maluku.

Ia berterimakasih karena dengan kepedulian TP PKK Maluku ini cukup membantu masyarakat dalam memperoleh layanan kesehatan.

"Terima kasih untuk TP-PKK Maluku, sudah bikin kegiatan ini. Dengan adanya Rapid Antigen gratis ini, saya dan masyarakat yang ikut (rapid), tidak perlu mengeluarkan uang lagi. Sekali lagi, terima kasih banyak PK Maluku," ucap Joseph. (BB-YP)