BERITABETA.COM, Masohi –  Bertempat di Baileo Soekarno, Bupati Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua, melepas secara resmi 20 orang kafilah Malteng untuk  mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadis (STQH) tingkat Provinsi Maluku yang ke- 26, Selasa (6/7/2021).

Tuasikal mengungkapkan,  seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadist yang rutin diselenggarakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan sampai di tingkat nasional, pada dasarnya merupakan media yang cukup strategis.

Dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa melalui pengamalan nilai-nilai Al Qur'an dan Hadist,  demi terbentuknya kualitas umat yang berakhlak mulia.

“STQH juga merupakan ajang ukir prestasi, di mana setiap peserta, baik sebagai individu maupun dalam kafilah, diharapkan dapat memaksimalkan kemampuannya agar mampu berkompetisi secara baik demi meraih kesuksesan yang gemilang,” ungkapnya.

Selain itu,  Tuasikal yakin, kemampuan, pengalaman, serta pelatihan dan pembinaan yang telah dilalui oleh peserta kafilah Malteng sampai saat ini, telah memiliki kepercayaan diri serta keyakinan yang kuat untuk mempersembahkan yang terbaik bagi daerah yang bertajuk Pamahanunusa ini.

“Pemerintah daerah tidak memberikan target tertentu kepada kontingen Kabupaten Maluku Tengah, di ajang STQH tingkat provinsi untuk kali ini. Namun para perserta pasti telah memiliki kepercayaan diri, serta keyakinan yang kuat untuk mempersembahkan yang terbaik bagi daerah ini,” terangnya.

Menurut Tuasikal keberhasilan peserta kafilah Malteng yang mengikuti STQH ke 26 Tingkat Provinsi di Ambon, tidak saja akan mengharumkan nama daerah, tetapi juga menjadi peluang bagi para kafilah untuk mewakili Provinsi Maluku dalam ajang yang sama di tingkat Nasional.

“Saya mengakui, kualitas penyelenggaraan kegiatan ini dari tahun ketahun, berlangsung semakin kompetitif. Olehnya itu, segenap kafilah Malteng harus selalu tampil percaya diri serta sungguh-sungguh dalam mengikuti setiap mata lomba,” bebernya.

 Tuasikal juga berharap, kepada official dan pimpinan kontingen, agar senantiasa mendampingi serta mengecek secara rutin kondisi kesehatan setiap peserta.

Selain itu dirinya juga menghimbau, agar seluruh kontingen senantiasa mematuhi Protocol kesehatan selama beraktifitas dan berinteraksi. “Tetap menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan yang paling penting adalah selalu menjaga imun tubuh agar terhindar dari penularan covid-19,” pintah Tuasikal (*)

Pewarta Fandi Ahmad