BERITABETA.COM, Masohi  - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Hotel Lelemuku Kota Masohi, Selasa (28/12/2021).

Kegiatan yang bertemakan "Membentuk Wartawan Profesional dan Berkompeten Demi Menjaga Maruah Pers" ini diikuti oleh 12 peserta yang berasal dari berbagai media dan berlangsung selama dua hari mulai 28 dan 29 Desember 2021.

Sebagai penguji UKW adalah Suwardi Tahir dari Fajar Group Makassar dan Izaac Tulalessy, Direktur Maluku Terkini.

Bupati Malteng, Tuasikal Abua, dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Sekertaris Daerah Malteng, Bahrum Kalaw, menyampaikan kegiatan UKW  menjadikan para jurnalis lebih profesional dalam bekerja sesuai prinsip-prinsip dasar jurnalistik.

Tuasikal mengatakan kebutuhan masyarakat modern saat ini bukan hanya pada sandang, pangan dan perumahan saja.

"Melainkan juga kebutuhan akan komunikasi serta informasi yang cepat, akurat, objektif dan tidak diskriminatif," tutur Tuasikal.

Bupati dua periode ini mengungkapkan, keberadaan media yang semakin banyak saat ini merupakan bukti semakin menguatnya keterbukaan informasi publik.

Menurutnya, keberhasilan dan kesuksesan sebuah media tidak terlepas dari tugas seorang jurnalis atau wartawan yang profesional.

" Wartawan yang memiliki kapasitas dan integritas tinggi serta mematuhi kode etik jurnalis sebagaimana yang diatur dalam UU  No. 40 Tahun 1999 tentang Pers," ungkap Tuasikal

Tuasikal mengharapkan setelah mengikuti UKW para jurnalis di Kabupaten Malteng akan semakin banyak memiliki kemampuan jurnalistik yang memadai.

Hal senada juga diungkapkan Pelaksana Tugas Ketua PWI, Kayum Elly, yang mengatakan bahwa UKW ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas para jurnalis di Malteng.

Dikatakan, setelah mengikuti UKW, diharapkan para jurnalis dapat mengaplikasikan apa yang didapat ke dalam tugas-tugas jurnalistik (*)

Pewarta : Edha Sanaky