BERITABETA.COM, Masohi – Puluhan siswa dan siswi tingkat SMA/SMK se- Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, mengikuti kegiatan Sosialisasi Masuk Perguruan Tinggi yang digelar Politeknik Negeri Ambon (Polnam).

Sosialisasi ini dikhususkan untuk  Jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) yang dipusatkan di Aula SMA Negeri 4 Maluku Tengah (Malteng), Selasa (06/02/2024).

Lia Latuputty, salah satu staff bagian Akademik Polnam yang menjadi narasumber kegiatan menjelaskan SNPB dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta prestasi akademik dan non akademik siswa.

Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.

“Tujuan dari SNPB sendiri, yang pertama memberikan kesempatan kepada siswa SMA/SMK/MA di dalam dan luar negeri (Sekolah Republik Indonesia/SRI) yang memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN),” kata Latuputty.

Menurutnya, PTN yang dimaksud adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah, meliputi PTN Akademik, PTN Vokasi, dan/atau Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Kemudian,, tujuan yang kedua adalah memberikan peluang kepada PTN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi dengan kuota minimum 20% dengan biaya ditanggung pemerintah.

Ia menegaskan, kegiatan sosialisasi ini penting karena  siswa dan siswi dapat dengan baik dapat mengenal minat menjadi fokus studi nantinya.

"Kampus vokasi yang memiliki tujuan sebagai kampus yang meluluskan SDM siap kerja, sangat sejalan dengan keinginan sekolah minat dari para siswa cukup tinggi untuk masuk ke Polnam," ucap Latuputty.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 4 Malteng Jusup Tuaewe menyampaikan mengapresiasi kepada sejumlah staf dan tim sosialisasi Polnam datang ke Kabupaten Maluku Tengah guna melakukan sosialisasi kepada peserta didik yang ada di Kota Masohi.

"Semoga dengan sosialisasi ini dapat diikuti oleh peserta didik dengan baik dan kemudian menyangkut dengan cara masuk perguruan tinggi melalui dapat ditanyakan secara langsung oleh sejumlah siswa maupun siswi kepada tim sosialisasi," harapnya (*)

Pewarta : Jubeda Sanaky