BERITABETA.COM, Ambon — Penjabat (Pj) Walikota Ambon, Dominggus N. Kaya secara resmi menunjuk Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Kota (Setkot) Ambon, Roby Sapulette menjadi Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon.

Pj Walikota Ambon, Dominggus N. Kaya saat memimpin apel pagi ASN di halaman parkir Balai Kota, Senin (9/9/2024) mengungkapkan, penunjukkan Plh Sekkot ini berdasarkan pada Permendagri No. 91 Tahun 2019 tentang Penunjukkan Penjabat Sekretaris Daerah dan Perpres No. 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah.

"Berdasarkan pertimbangan, saya menunjuk Pak Asisten III untuk menjadi Plh Sekkot Ambon, dengan demikian seluruh aktivitas administrasi berjalan kedepan untuk memenuhi tugas-tugas kita, kini dan kedepan," ungkap Dominggus N. Kaya.

Dominggus berujar, penunjukkan Robby Sapulette menjadi Plh Sekkot Ambon itu karena dia dinilai memiliki irama kerja yang sama dengan dirinya.

Menurutnya, Robby Sapulette menjadi sosok yang tepat untuk menjalankan tanggungjawab sebagai pemimpin di kota ini dalam memasuki masa-masa transisi dan persiapan menuju ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

"Selain aspirasi dan masukan dari banyak pihak, saya punya pengamatan selama ini tentu saja pemimpin membutuhkan orang yang punya kapasitas, kompenten, serta irama kerja yang sama," ujarnya.

Dia membeberkan, jabatan Plh ini akan berlangsung selama 15 hari, namun akan diperpanjang sesuai kebutuhan.

Ia mengaku, penetapan Sekkot akan dilakukan setelah 22 September 2024, ketika eks Sekkot Ambon, Agus Ririmasse diberhentikan secara resmi dan diikuti dengan pengusulan satu kandidat yang tepat untuk kemudian ditetapkan oleh Gubernur Maluku.

"Jabatan ini akan selama 15 hari diperpanjang sesuai kebutuhan. Penetapan Sekkot akan dilakukan setelah 22 September ketika Eks. Sekkot Ambon, Agus Ririmasse, diberhentikan secara resmi, diikuti dengan pengusulan satu kandidat yang tepat kemudian di tetapkan oleh Gubernur Maluku," akuinya.

Secara terpisah, Roby Sapulette menyampaikan rasa terimakasih atas kepada Pj Walikota Ambon, Dominggus N. Kaya atas kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Sapulette berjanji akan menjalankan tugas dan tanggungjawab ini secara baik.

"Terimakasih kepada Pak Pj. Wali Kota yang memberikan kepercayaan dan amanah kepada saya untuk membantu beliau dalam masa transisi ini, bagaimana mensukseskan program-program kerja prioritas, itu menjadi kewajiuban kami kedepan," ucap Roby Sapulette. (*)

Editor : Redaksi